Manajemen Susi Air Tuding Pemkab Malinau Sengaja Rencanakan Pengusiran

Manajemen Susi Air Tuding Pemkab Malinau Sengaja Rencanakan Pengusiran
Insiden pengusiran pesawat Susi Air dari hanggar Bandara Malinau (Net)

Analisadaily.com, Malinau - Manajemen Susi Air tidak terima dengan insiden pengusiran pesawatnya dari hanggar Bandara Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara).

Direktur Utama (Dirut) Susi Air, Zulkarnain Adinegara, menuding Pemerintah Kabupaten Malinau sudah merencanakan pengusiran pesawat mereka.

"Ini sebagai sebuah tindakan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh pemda kepada kami selaku pelaku usaha," kata Zulkarnain, dilansir dari detikcom, Jumat (4/2).

"Mengapa? Pertama kami hadir di sana, Susi Air sudah 10 tahun, selama ini tidak ada masalah. Perlu dicatat, Susi Air itu memang betul bisnis di penerbangan, tapi khusus di Malinau dan Kalimantan Utara itu tidak hanya pure bisnis, tapi di sana sungguh kami melakukan langkah-langkah pelayanan publik dan melayani publik di Kalimantan Utara," tegasnya.

Menurutnya Susi Air kurang lebih memiliki 16 perjalanan untuk penumpang di seputar Kalimantan Utara.

Tidak hanya pesawat penumpang, sambungnya, Susi Air juga memiliki 5 perjalanan pesawat kargo yang merupakan kegiatan perintis menjangkau daerah-daerah terpencil yang belum ada moda angkutan lain kecuali penerbangan.

"Nah, tiba-tiba 10 tahun kami berjalan, kemarin dilakukan semacam begitu. Makanya kami mengatakan itu sebuah perbuatan tidak sepatutnya dilakukan. Mestinya ada langkah-langkah yang perlu dikomunikasikan," ucapnya.

Zulkarnain menduga peristiwa yang terjadi kemarin disengaja dan terencana. Sebab, menurutnya, Bupati Malinau justru menyebut Susi Air tidak pernah memohon perpanjangan kontrak.

"Tapi Pak Bupati mengatakan tidak pernah kami melakukan permohonan perpanjangan itu. Di sini saja kami sudah ada sesuatu yang agak aneh, apa mungkin kegiatan sengaja, mungkin terencana mengusir kami," tukasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi