Foto: Dampak Gempa Sumbar

Foto: Dampak Gempa Sumbar
Foto udara masjid yang runtuh akibat gempa di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Analisadaily.com, Padang - Gempa Bumi bermagnitudo (M) 6,1 yang berlangsung pada pukul 08.39 WIB, Jumat (25/2) melanda sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Jumat (25/2).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat menyebutkan guncangan dirasakan kuat 3-5 detik di Kabupaten Pasaman Barat. Lokasi yang terdampak parah berada di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

Parameter gempa tercatat berada pada 17 km timur laut Pasaman Barat, Sumatra Barat, dengan kedalaman 10 km. Kekuatan gempa yang dihitung dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menyebutkan wilayah Pasaman pada V MMI, Agam, Bukit Tinggi dan Padang Panjang IV MMI, Padang, Payahkumbuh, Aek Godang dan Gunung Sitoli III MMI, Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan dan Rangkinang II MMI.

Data BNPB per Sabtu (26/2), pukul 02.35 WIB, mencatat total warga meninggal dunia 8 orang, luka berat 10 orang, dan luka ringan 76 orang pascagempa Sumatera Barat (Sumbar) magnitudo 6,1.

Sementara, sebanyak 6.002 warga Sumbar mengungsi akibat dampak gempa magnitudo 6,1 yang terjadi pada Jumat (25/2) pukul 08.39 WIB. Sebagian besar warga mengungsi tersebar di 35 titik Kabupaten Pasaman Barat.

Gempa bumi magnitudo 6,1 juga berdampak pada kerusakan bangunan. Total kerusakan yang dipicu gempa antara lain rumah rusak berat (RB) 103 unit, rusak sedang (RS) 5 unit, rusak ringan (RR) 317 unit, fasilitas pendidikan RB 3 unit, balai masyarakat RR 1 unit, aula bupati Pasaman Barat RR 1 unit, serta kerusakan yang belum terkategori seperti fasilitas ibadah 2 unit, fasilitas umum lain 1 unit dan bank 1 unit.

Berikut foto-foto dampak gempa bumi Sumatera Barat

Editor:  Junaidi Gandy

Baca Juga

Rekomendasi