Volume Semburan Tinggi, Sumur Minyak Tradisional Meledak

Volume Semburan Tinggi, Sumur Minyak Tradisional Meledak
Lokasi sumur minyak tradisional yang meledak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Ranto Peureulak - Sumur minyak tradisional milik warga terbakar dan meledak di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (11/3) malam.

Sumur minyak milik Yusri (37) itu meledak diduga karena volume semburan gas bercampur minyak yang sangat tinggi.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Winardy, didampingi Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, membenarkan peristiwa kebakaran lokasi sumur minyak tradisional tersebut.

Winardy menjelaskan sumur minyak tradisional itu dikelola oleh masyarakat. Namun karena volume semburannya tinggi, minyak tidak tertampung dan melimpah ke tanah sehingga pekerja panik dan tidak sempat melakukan penyelamatan.

Tidak lama kemudian, terdengar suara ledakan dari sumur tersebut dan mengeluarkan api setinggi 25 meter yang mengakibatkan kebakaran di lokasi.

"Warga setempat langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk memadaman api dan mngevakuasi pekerja. Ada delapan damkar di lokasi. Alhamdulillah pukul 02.45 WIB api berhasil dipadamkan," kata Winardy, Sabtu (12/3).

Dalam peristiwa tersebut, sambungnya, tiga pekerja sumur mengalami luka bakar, yaitu Safrizal (35), Junaidi (34), dan Baihaqi (35).

Mereka sempat mendapat penanganan medis di IGD UPTD Puskesmas Ranto Peureulak, sebelum dirujuk ke RSUD Sultan Abdul Azissyah Peureulak.

Saat ini polisi sudah memasang pembatas di lokasi kejadian dan melakukan identifikasi untuk kepentingan penyelidikan.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi