Jalan Rusak, Tondi Tua Minta Keseriusan Edy Rahmayadi

Jalan Rusak, Tondi Tua Minta Keseriusan Edy Rahmayadi
HM Tondi Roni Tua, S.Sos, ketua fraksi Demokrat DPRD Sumut yang juga ketua DPC partai Demokrat kabupaten Padang Lawas, saat reses dan bertemu masyarakat di kabupaten Padang Lawas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara H Tondi Roni Tua jemput aspirasi masyarakat saat menggelar pertemuan dalam agenda reses di Padanglawas.

Dihadapan anggota dewan dari Partai Demokrat ini, masyarakat menyampaikan berbagai keluhan termasuk kondisi jalan provinsi yang sangat memprihatinkan.

" Sesuai aspirasi yang disampaikan masyarakat, terkait kerusakan jalan provinsi di Padanglawas sudah sangat memprihatinkan, untuk itu kita minta keseriusan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) untuk perbaiki jalan provinsi di wilayah Padanglawas," kata Tondi Kamis (17/3).

Tondi Roni Tua yang juga Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Sumatera Utara ini menggelar reses di beberapa titik di wilayah Padanglawas. Menurutnya , fasilitas jalan adalah salah satu urat nadi yang menjadi perhatian serius untuk menunjang ekonomi masyarakat.

Kata Tondi yang juga Plt. ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Padanglawas itu, bahwa masyarakat sudah sangat membutuhkan sarana infrastruktur jalan yang memadai untuk mendorong percepatan perekonomian rakyat.

Sudah beberapa tahun belakangan, jalan provinsi yang ada di sepanjang wilayah kabupaten Palas rusak dan disana sini terdapat lubang yang siap memengsa dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Bahkan seperti disampaikan masyarakat hampir 30 persen jalan provinsi di wilayah kabupaten Padang Lawas (Palas) butuh perbaikan, karena kondisinya sudah sangat memperihatinkan.

Padahal menurut informasi panjang jalan provinsi di kabupaten Padanglwas mencapai 161,42 kilometer, merupakan terpanjang di wilayah Tapanuli bagian selatan (Tabagsel).

Termasuk ruas Sihaporas batas kabupaten Paluta - Paringgonan sepanjang 28 km, ruas Paringgonan - Sibuhuan, 8 km, ruas Sibuhuan - Ujung Batu 25,7 km.

Dan ruas Ujung Batu hingga batas Riau 20 km, ruas Aliaga Muara tige - Batas Riau 30,4 km, ruas batas Paluta - Aek Nabara Tonga 18,72 km dan ruas Aek Nabara Tonga - Sibuhuan sepanjang 39,6 km.

Dimana rata-rata kondisi jalan provinsi di masing-masing jalur itu sedikitnya 30 persen rusak parah dan butuh perbaikan. Jika jalan provinsi di kabupaten Padang Lawas mencapai 161,42 kilometer, maka 48, 42 kilometer jalan provinsi di Palas butuh perbaikan.

Karena itu ia akan terus meminta dan mendesak keseriusan Gubsu Edy Rahamayadi dalam memperbaiki infra struktur jalan sebagai sarana vital dalam menggerakkan perekonomian rakyat.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi