ADI Aceh Kirim 31 Da'i Ramadan ke Sejumlah Daerah

ADI Aceh Kirim 31 Da'i Ramadan ke Sejumlah Daerah
Akademi Dakwah Indonesia (ADI), lembaga pendidikan binaan Dewan Dakwah Aceh mengirimkan 31 da'i dan da'iyah yang tergabung dalam “Kafilah Dakwah Ramadan” ke sejumlah daerah. (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Akademi Dakwah Indonesia (ADI), lembaga pendidikan binaan Dewan Dakwah Aceh mengirimkan 31 da'i dan da'iyah yang tergabung dalam “Kafilah Dakwah Ramadan” ke sejumlah daerah di perbatasan dan pedalaman Aceh serta Sumatera Utara selama Ramadhan 1443 Hijriah.

"Daerah tersebut di antaranya ke Kots Subulussalam, Pulau Banyak, Aceh Singkil dan Aceh Tenggara. Juga ke Kabupaten Dairi dan Karo, Sumatera Utara," kata Direktur ADI Dr Abizal Muhammad Yati saat pelepasan Kafilah Dakwah Perbatasan di Komplek Markaz Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Selasa (29/3).

“Ke-31 kafilah dakwah itu terdiri atas 20 da'i dan 11 da'iyah. Mereka akan bertugas satu bulan penuh selama Ramadhan terhitung 29 Sya’ban hingga 1 Syawal 1443 Hijriah,” kata Abizal.

Ia menjelaskan kegiatan utama yang dilaksanakan para da'i daiyah muda itu menghidupkan masjid untuk shalat berjamaah lima waktu, imam shalat tarawih dan shalat fardhu, ceramah Ramadan, khutbah Jum'at dan Idulfitri.

Selanjutnya mengajarkan Al-Qur’an kepada semua kalangan, pembinaan muallaf, praktek ibadah dan kegiatan sosial keagamaan lainnya.

“Pengiriman kafilah dakwah ini bekerja sama dengan Forum Dakwah Perbatasan (FDP). Dimana FDP menanggung biaya transportasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung,” kata Abizal.

Sekretaris ADI Ustadz Hanisullah MPd menambahkan, sebelum para kafilah itu diberangkatkan ke lokasi tugas, mereka terlebih dahulu mengikuti pembekalan selama dua hari. Pembekalan tersebut bertujuan agar memahami konsep dakwah di dalam masyarakat.

Materi yang disampaikan di antaranya Urgensi Dakwah di Perbatasan, Peta Dakwah, Karakteristik Mad’u dan Memahami Medan Dakwah. Selanjutnya Jurnalistik Dakwah, Da’I Positif, Akhlak Para Dai dan Praktek Khutbah/Ceramah.

“Kita berharap dengan pembekalan tersebut mareka akan semakin percaya diri dan siap menjalankan tugasnya di daerah,” kata Ustadz Hanisullah.

Ketua Dewan Dakwah Aceh Dr Muhammad mengatakan, sejumlah daerah di perbatasan Aceh-Sumut sangat membutuhkan kehadiran da'i.

Masyarakat di perbatasan tersebut sangat tertinggal di semua bidang kehidupan, terutama bidang agama. Selain itu disana sering terjadi pendangkalan aqidah dan minim pengetahuan Islam serta lemah dalam mengamalkan syariat.

Ia juga berpesan kepada para da'i dan daiyah Kafilah Dakwah Ramadan untuk memasang niat ikhlas, bersabar menghadapi tantangan dakwah dan menyampaikan dakwah dengan cara santun dan lemah lembut.

“Kami mengharapkan melalui kafilah dakwah ini bisa menghidupkan daerah-daerah di pedalaman dan perbatasan Aceh dengan kegiatan-kegiatan keagamaan selama bulan ramadhan. Sehingga masyarakat dapat mengisi ramadhan dengan amal-amal shaleh dan mendapatkan ilmu pengetahuan,” pungkas Muhammad AR.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi