Pantau Hilal, OIF UMSU Siapkan 4 Teleskop

Pantau Hilal, OIF UMSU Siapkan 4 Teleskop
Petugas OIF Universitas Muhammad Sumatera Utara menyiapkan empat unit teleskop untuk melakukan pemantauan hilal awal Ramadan, Kamis (31/3) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammad Sumatera Utara menyiapkan empat unit teleskop untuk melakukan pemantauan hilal awal Ramadan yang akan dilakukan di kampus pasca sarjana UMSU di Jalan Denai, Tegal Sari Mandala, Kota Medan, Jumat (1/4) besok.

Sejumlah alat juga sudah disiapkan di rooftop gedung pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Di antaranya empat unit teleskop, mounting kamera serta alat untuk melakukan live streaming.

Kepala Observatorium Ilmu Falak UMSU, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, mengatakan pemantauan hilal ini rutin dilakukan oleh Tim OIF UMSU tidak hanya awal Ramadan dan Syawal, namun juga penentuan awal masuknya bulan.

"Setiap awal memasuki bulan ramadan dan syawal, Tim OIF UMSU rutin melakukan pemantauan hilal. Diluar dari itu, kita juga rutin melalukan penentuan awal masuknya bulan," katanya, Kamis (31/3).

Arwin menjelaskan, dalam penentuan jatuhnya 1 Ramadan ada berbagai cara dan instrumen dalam pengamatan. Bisa secara kasar mata dan menggunakan instrumen optik yang didalam halnya menggunakan teleskop.

Namun, kata Arwin Kondisi cuaca di Kota Medan yang tidak terlalu cerah dalam beberapa hari ini dan banyaknya awan yang meliputi ufuk barat tempat munculnya hilal. Diprediksi hilal sulit terlihat.

"Melihat kondisi cuaca yang dalam beberapa hari ini banyak awan bisa diprediksi hilal sulit untuk terlihat dan bahkan tidak terlihat. Ketinggian hilal yang sangat rendah juga menjadi faktor hilal untuk sulit terlihat," tandasnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi