Bupati Deli Serdang Tinjau Pelaksanan Pilkades

Bupati Deli Serdang Tinjau Pelaksanan Pilkades
Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, meninjau pelaksanaan Pilkades 2022 (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Batangkuis - Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, meninjau pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak di 304 desa se Kabupaten Deli Serdang.

"Kita berharap Pilkades ini berjalan aman, baik, tertib dan lancar sesuai dengan ketentuan sehingga terpilih kepala desa sehingga proses pembangunan di desa terus berlangsung dengan baik," kata Ashari Tambunan saat meninjau TPS 4 Desa Sena Batangkuis, Senin (18/4).

Ashari menyebut Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melaksanakan Pilkades 2022 dengan mengikuti seluruh aturan-aturan yang ada.

"Sebab Pilkades ini agak khusus, beda dengan penyelenggara Pileg dan Pilkada yang sifatnya nasional. Bukan berarti untuk menghalangi warganya untuk memilih, tetapi justru untuk memastikan bahwa pemilihan kepala desa ini diselenggarakan olah warga desa yang bermukim atau menetap di desa itu," jelasnya.

Seperti diketahui, untuk memberikan hak pilih dalam Pemilu, setiap orang cukup menunjukkan KTP dan bisa melakukan pemilihan dimana saja. Sementara untuk memberikan hak suara dalam Pilkades, selain harus memiliki KTP, calon pemilih juga harus memiliki bukti 6 bulan menetap di desa tersebut.

"Ini memang aturan untuk memastikan bahwa proses Pilkades berlangsung untuk memberikan kesempatan pada setiap warga yang beraktivitas di desa itu. Sehingga terpilih kepala desa yang betul-betul bertanggung jawab demi kemajuan desanya," ujar Ashari.

"Mari kita semua berharap agar hari ini menjadi hari kebaikan bagi masa depan Deli Serdang. Terpilihnya kepala desa di 304 akan meneruskan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan berbagai kegiatan sosial di desa yang merupakan ujung tombak dari upaya penyelenggaraan visi Kabupaten Deli Serdang," pungkasnya.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi