Kader PAN Apresiasi Syahrul Pasaribu Atas Kemajuan Infrastruktur Tabagsel

Kader PAN Apresiasi Syahrul Pasaribu Atas Kemajuan Infrastruktur Tabagsel
Syahrul Pasaribu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Anggota DPRD Tapanuli Selatan (Tapsel) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Mahmud Lubis mengapresiasi Syahrul M Pasaribu atas kontribusinya dalam kemajuan infrastruktur, khususnya Jalan Nasional (Jalinsum) di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Terima kasih Bang Syahrul atas perannya terhadap pembangunan Jalan Nasional, khususnya sepanjang Jalan Batangtoru dan Padangsidimpuan yang pembangunannya mulai Desember 2020,” katanya di acara silaturahmi dan buka puasa bersama keluarga besar KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) di Mega Permata Hotel, dalam keterangan ditulis Selasa (26/4).

Diakuinya, dengan pembangunan jalan tersebut membuat perjalanan ke daerahnya di Kecamatan Muara Batangtoru kian asik, karena relatif sudah bagus dilalui kendaraan walaupun belum tuntas secara keseluruhan, dan perlu ditingkatkan di masa datang.

Mantan Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan ruas koridor Jalan Nasional di Tabagsel, Padangsidimpuan-Tapsel dan Mandailing Natal bakal mulai dikerjakan 2022 dengan sistem multi years contract (MYC) atau tahun jamak.

"Nilai kontraknya sesuai rilis Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) mencapai Rp196.997.333.000. Tapsel sendiri kebagian 24,45 kilometer hotmix sekaligus. Mei 2022 mulai dikerjakan waktunya 18 bulan ke depan setelahnya ditangani secara regular," kata Syahrul yang juga Ketua Dewan Penasihat MD KAHMI Tapsel.

Kemudian yang sudah lebih dulu ditangani di Tapsel yaitu Batas Tapteng-Tapsel-Padangsidimpuan dengan anggaran Rp137 miliar lebih dan sudah dikerjakan Desember 2020 kontraknya selesai tahun ini.

lRuas Jalan Pantai Barat Batangtoru/Rianiate/Aek Rambe-Singkuang/Mandailing Natal (Madina) anggarannya Rp158 miliar dimulai akhir tahun 2021 selesai tahun depan.

Syahrul mengatakan, usulan pembangunan 3 koridor Jalan Nasional di Tabagsel disampaikannya kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 2017 silam saat dia masih menjabat sebagai Bupati Tapsel dan ditampung dalam APBN sesuai dengan UU No 20 tanggal 18 Oktober 2019 tentang APBN Tahun Anggaran 2020.

"Ketika itu Pak Basuki mendampingi Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Penyabungan, Madina. Dari situ lanjut pertemuan bersama ulama di Mega Permata Hotel Padangsidimpuan," ungkapnya.

Kepada keluarga besar KAHMI Tapsel, Syahrul mengimbau agar mendukung program tersebut dan menyatakan apabila sudah selesai pembangunannya akan mendukung upaya percepatan pembentukan Provinsi Sumteng.

"Bilamana Moratorium pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) nantinya sudah ditiadakan pemerintah yang sesungguhnya, persyaratan administratif dan potensi SDA serta SDM Tabagsel menjadi provinsi sudah terpenuhi," jelasnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi