Eks Ketua Harian Jakmania Bagikan Cara Atasi Gap Generation, Ikuti Tren Agar Anti Gaptek

Eks Ketua Harian Jakmania Bagikan Cara Atasi Gap Generation, Ikuti Tren Agar Anti Gaptek
Irlan dan keempat anaknya merupakan fans setia Persija Jakarta (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, kesenjangan generasi merupakan sebuah masalah yang cukup rumit. Perbedaan budaya, dan kecakapan penguasaan teknologi, terkadang menjadi kendala, baik dalam kehidupan sosial hingga masalah pekerjaan.

Namun ada banyak cara untuk menipiskan gap tersebut, seperti yang dilakukan oleh Irlan, salah satu pria yang termasuk ke dalam Generasi X (1964-1980).

Garang menyerukan suara mahasiswa dan lantang berteriak di tribun mendukung Persija Jakarta, merupakan makanan sehari-hari Irlan sejak dua dekade silam.

Saat ini, pria berusia 47 tahun sudah menjalani kehidupan sebagai seorang suami dan ayah dari 4 orang anak. Meskipun sudah berkeluarga, Irlan masih tetap aktif sebagai anggota The Jakmania. Kecintaannya pada Macan Kemayoran tidak main-main.

Saat berkunjung ke rumahnya di wilayah Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Anda bisa melihat sefanatik apa pria ini pada Persija. Mulai dari tembok rumah, gorden, hingga pot tanaman semua berwarna oranye.

Bahkan, kecintaannya terhadap warna kebanggaan Persija adalah salah satu alasan mengapa Irlan bergabung menjadi mitra driver ShopeeFood.

“Itu juga bang salah satu alasan saya masuk ShopeeFood, karena warnanya oranye, hehehe. Selain itu sih ya karena mau punya waktu lebih sama keluarga, karena kerjanya kan fleksibel,” pungkasnya, dalam keterangan Sabtu (7/5).

Saat ini, Irlan fokus menekuni profesi sebagai mitra driver ShopeeFood setelah sebelumnya bekerja sebagai karyawan selama 17 tahun. Ia berhenti dari pekerjaannya terakhir sebagai karyawan travel haji dan umrah, agar dapat meluangkan waktu bagi istri dan anak-anaknya.

Pria kelahiran tahun 1974 ini pun beralih ke menjadi mitra driver ShopeeFood dengan jam kerja yang jauh lebih fleksibel dan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Irlan juga memiliki usaha warung makan ayam penyet yang ia jalankan bersama sang istri.

Berkat waktu kerjanya yang lebih fleksibel, Irwan bisa membantu istrinya membeli kebutuhan warung dan mengantar anak-anaknya yang bersekolah cukup jauh dari tempat tinggalnya di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Karena pekerjaannya sebagai driver ShopeeFood tidak terikat waktu, Irlan juga bisa aktif terlibat menjadi pengurus The Jakmania.

Tips Irlan Nyambung dengan Anak Muda

Pemilik akun Instagram @irlan.alarancia ini, merupakan mantan Ketua Harian The Jakmania pada periode 2017-2020. Berada di pucuk pimpinan organisasi, mendorong Irlan untuk juga bisa lebih mendekatkan diri dengan para anggotanya yang mayoritas berada di rentang usia 15-25 tahun.

Mantan aktivis 98 dari Kampus IAIN Jakarta (sekarang: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) memiliki cara tersendiri agar old generation tidak tertinggal dan tetap bisa ‘nyambung’ dengan generasi-generasi muda yang lebih fasih dengan dunia digital.

"Tipsnya sering-sering ngobrol sama mereka, ngikutin sekarang di kalangan mereka lagi rame bahas apa sih? Kita ikutin bahasa obrolannya kaya 'ngab', 'chill', bahkan walaupun saya nggak main game, saya coba cari tahu istilah-istilahnya yang sering dipakai di FF (Free Fire)”, jelas Irlan.

Tidak hanya itu, pria yang memiliki darah Belanda ini juga belajar menggunakan ‘media sosialnya’ anak muda.

“Kemudian kita ikutin deh tuh hampir semua tren digital, termasuk medsos yang sering mereka pakai. Saya aktif menggunakan Instagram buat share info tentang Persija, saat ini followers saya mencapai 122 ribu. Sekarang, saya lagi mau mulai coba-coba main TikTok,” tambah Irlan.

Menjadi driver ShopeeFood juga turut memberikan Irlan inspirasi konten untuk memulai mengembangkan akun TikTok. Berdasarkan penuturannya, pria yang kerap disapa “Abi” ini seringkali menemukan tempat-tempat kuliner enak dengan harga merakyat, tapi sayangnya belum banyak orang yang tahu.

“Sekarang kan banyak nih yang cari kuliner di TikTok, sebagai driver ShopeeFood yang sering bolak balik tempat makan dan juga sering keluar kota buat nonton Persija, saya juga jadi kepikiran bikin konten rekomendasi kuliner di TikTok. Siapa tahu bisa kasih rekomendasi buat orang lain juga nih,” tutup Irlan.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi