Putra Padangsidimpuan yang Juga Qori Nasional Diangkat Menjadi Dewan Hakim di Papua Barat

Putra Padangsidimpuan yang Juga Qori Nasional Diangkat Menjadi Dewan Hakim di Papua Barat
Fakhruddin Ali Mansyur Harahap. (Analisadaily/Irfan Nasution)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Fakhruddin Ali Mansyur Harahap membuat bangga warga Padangsidimpuan. Selain merupakan qori kancah Nasional, kini menjadi diangkat menjadi hakim pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat.

Fakhruddin sudah banyak menjuarai perlombaan MTQ di tingkat daerah hingga tingkat nasional dan ia merupakan putra berbakat warga Kelurahan Kayu Ombun, Kecamatan Padangsidempuan Utara, Kota Padangsidempuan.

Fakhruddin Harahap merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara pasangan Drs. H Lokot Harahap dan Hj Netty Helena Siregar BA, yang merupakan alumni SMP N 4 Padangsidempuan.

Mulai tahun 1999 sampai saat ini, banyak event yang dia ikuti, tahun 1999-2000 menjadi Qori anak terbaik Tapsel, 2006 Qori terbaik remaja se-Kota Padangsidempuan. 2010 menjadi Qori terbaik kategori dewasa sekota kota Sidempuan.

Dan juga pernah mengikuti kegiatan sebagai peserta pada pembinaan dewan hakim seleksi Tilawatil Qur'an, dan Musabaqah Hadist Cabang Tahfidz dan Tafsir Tingkat Nasional pada tahun 2021.

Pada tahun 2022 mengikuti kegiatan peningkatan kualitas dan Kompetensi Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional Cabang Tilawah di Jakarta yg diadakan Subdit MTQ dan Hadist- Penerangan Agama Islam Kemenag RI.

Pada tahun 2016 pernah di undang sebagai pengisi acara sebagai Qori di acara Serambi Islami yang ditayangkan setiap Subuh disalah satu stasiun Televisi di Senayan Jakarta.

Pernah menjadi Panitia Nasional pada event Seleksi Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional XXVI Sofifi, di Maluku Utara pada tahun 2021 lalu di Bidang Perhakiman dan Permusabaqahan.

Fakhruddin Harahap menyampaikan, Selasa (17/5), bahwa berkat ridho orangtua dan keluarga ia banyak menjuarai Qori sejak kecil.

"Berkat do'a orangtua serta keluarga Alhamdulillah menjadi Qori sampai kancah nasional dan menjadi hakim pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat," katanya.

Keberhasilan yang diraih seorang anak tidak akan terlepas dari do'a kedua orangtua, maka dari itu dengan ridhonya mereka sebagai anak saya akan melakukan yang terbaik untuk orangtua dan keluarga saya terlebih-lebih untuk mengharumkan nama baik kota kelahiran saya Kota Padangsidempuan.

"Saya juga berharap akan lahir Qori Alqur'an dan Hafidz Alqur'an yang berprestasi di Event MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Tingkat Nasional yang berasal dari Kota Padangsidempuan," harapnya.

(IAN/BR)

Baca Juga

Rekomendasi