FAPDes dan IWAPI Kota Medan Teken MoU

FAPDes dan IWAPI Kota Medan Teken MoU
Ketua FAPDes, Rini Indahwati (kiri) dan Ketua IWAPI Kota Medan, Ade Mora Nasution ketika tandatangan MoU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Medan dengan Forum Akademisi & Praktisi Desa (FAPDes) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 20 Mei 2022.

Bertempat di Potte House Café Jl. Dr. Mansyur, penandatangan dilakukan antara Ketua IWAPI Kota Medan, Ade Mora Nasution dan Ketua FAPDes, Rini Indahwati.

Proses penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri Wakil Ketua Umum Bidang Kelembagaan & Kemitraan IWAPI Kota Medan, Wakil Ketua Umum Bidang IT dan Kepemudaan, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan dan Hubungan Luar Negeri, Ketua Bidang Kelembagaan & Kerjasama FAPDes dan Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Infrastruktur FAPDes.

Menurut Ketua FAPDes, Rini Indahwati, tujuan dari pembuatan MoU ini adalah untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki oleh IWAPI dan FAPDes sehingga dapat saling membantu dalam pemberdayaan desa, UMKM dan Wanita Pengusaha di Sumatera Utara (Sumut).

Lebih lanjut, diharapkan, kedua belah pihak dapat saling mendukung dalam pelaksanaan fungsi dan tugas kedua lembaga. Di era golablisasi ini, semua organisasi harus saling bermitra dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Ketua FAPDes menambahkan, ruang lingkup yang disepakati dalam MoU tersebut adalah pembinaan dan pengembangan desa, pembinaan dan pengembangan BUMDesa, Pemberdayaan masyarakat desa dan wanita pengusaha, Pendampingan dan Peningkatan Kapasitas UMKM Desa serta bidang kegiatan lainnya yang dapat diperluas dan disepakati bersama.

"Kerja sama ini dilandaskan kepada niat untuk membangun Provinsi Sumut, juga Kota Medan sehingga menjadi kota yang kondusif bagi perkembangan UMKM dan wanita pengusaha. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dalam kegiatan-kegiatan teknis, seperti talkshow yang akan dimulai pada bulan Juli 2022 dengan tema “Wanita & Kepemimpinan”. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat dan wanita di pedesaan," pungkas Rini Indahwati, Minggu (22/5).

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi