Cegah Peredaran Narkotika, Petugas Razia Kamar Hunian Tahanan

Cegah Peredaran Narkotika, Petugas Razia Kamar Hunian Tahanan
Petugas sedang memeriksa beberapa narapida di rumah tahanan Tarutung, Senin (23/5) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia bersama Satuan Operasional Kepatuhan Internal Rumah Tahanan Negara kelas II B Tarutung merazia seluruh kamar hunian napi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Senin (23/5). Razia melibatkan Kepolisian Resort Tapanuli Utara dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0210/TU.

Direktur Keamanan dan Ketertiban Dirjen Pas, Abdul Aris, mengingatkan seluruh petugas Rutan kelas II B Tarutung agar senantiaaa meningkatkan sinergitas dengan aparat penegak hukum dalam mendeteksi peredaran barang terlarang dan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di dalam Rutan.

"Meningkatkan sinergitas dengan aparat penegak hukum agar selalu melakukan deteksi dini peredaran badang terlarang dan narkoba," ujar Abdul.

Kepala Rutan Kelas II B Tarutung, Leonard Silalahi, mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Dirjen PAS, Polres Taput, dan Kodim 0210/TU yang telah ikut kerjasama dan terlibat dalam melakukan razia kamar hunian.

"Kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama kita dalam melakukan razia kamar hunian," kata dia.

Leonard berharap dengan dilaksanakan razia bersama ini kiranya dapat mencegah gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di dalam Rutan.

"Kita berharap dengan adanya razia ini dapat mencegah gangguan keamanan dan ketertiban sera mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di dalam Rutan," tandasnya.

Kata Leonard, adapun barang hasil razia tersebut diinventarisir dan diamankan di lemari penyimpanan barang bukti.

"Untuk selanjutnya nanti dilakukan pemusnahan," imbuhnya.

Selain melakukan razia kamar hunian, Leonard menambahkan, pihaknya juga sekaligus melakuka tes urine kepada para petugas dan napi.

"Dan dari hasil tes urine tersebut, seluruh petugas dan napi WBP dinyatakan negatif narkoba,"imbuhnya.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi