Waspadai Hujan Lebat di Daerah Pegunungan di Sumatera Utara

Waspadai Hujan Lebat di Daerah Pegunungan di Sumatera Utara
Ilustrasi - Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Analisadaily.com, Medan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada hujan lebat di pegunungan dan lereng timur di Sumatera Utara pada siang dan malam hari.

"Waspada hujan lebat di pegunungan dan lereng timur yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung dilansir dari Antara, Senin (30/5).

Secara umum, cuaca pada Senin siang berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat terjadi wilayah Madina, Karo, Kepulauan Nias, Dairi, Taput, Humbanghasundutan, Langkat, Deli Serdang, Simalungun, Asahan, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan – sedang terjadi di Langkat, Karo, Simalungun, dan sekitarnya dan dini hari sebagian besar berawan di Sumatera Utara.

Suhu udara 17.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi