Cuaca Panas, Warga Diimbau Tidak Membakar Lahan Pertanian

Cuaca Panas, Warga Diimbau Tidak Membakar Lahan Pertanian
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas Utara di lokasi kebakaran. (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Gunungtua - Warga yang bermukim di Gang Balakka Onom Pasar Hewan, Tobat Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak , Kabupaten Padang Lawas Utara, gempar dengan lahan terbakar disekitar lokasi pemukiman mereka, Rabu (1/6).

Beruntung, lahan yang terbakar hanya berupa lahan kosong dan tidak sampai menyentuh permukiman warga.

“Untungnya berkat kesiapsiagaan petugas pemadam, api dengan cepat dipadamkan,” ujar salah seorang warga, Siregar.

Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas Utara, Imran Affandi Siregar, menyebutkan kebakaran lahan yang terletak di Gang Balakka Onom telah berhasil dipadamkan dan pemadaman diupayakan tim gabungan BPBD Paluta hingga berhasil.

“Upaya pemadaman dilakukan Satgas BPBD Paluta turun ke lokasi," kata Imran.

Setelah berusaha lebih dari beberapa jam, akhirnya tim gabungan yang diturunkan untuk menaklukkan kobaran api yang membakar lahan warga itu, berhasil memadamkannya, dan mengisolasi penyebaran kebakaran.

Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun kawasan padat penduduk tersebut, masih dalam pemantauan.

”Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan pertanian, karena saat ini kondisi cuaca panas dan sangat mudah terjadi kebakaran, untuk itu masyarakat hendaknya menjaga hal itu,” pungkasnya.

(ONG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi