Calon Haji Padanglawas Ikuti Bimbingan Manasik

Calon Haji Padanglawas Ikuti Bimbingan Manasik
Calon haji bersama Pelaksana Tugas Bupati Padang Lawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pemerintah Kabupaten Padanglawas menggelar bimbingan Manasik Haji pada Musim Haji tahun 2022 bagi Calon Haji di komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Senin (6/6).

Pelaksana Tugas Bupati Padang Lawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, bersyukur pelaksanaan haji telah dibuka kembali setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Namun Pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan kuota jamaah calhaj tahun 2022.

"Diantara yang 178 orang ini dipilih berdasarkan nomor urut pendaftar, sehingga kemungkinan ada suaminya ikut namun istrinya tidak atau pun sebaliknya, namun kita harus percaya semuanya adalah ketetapan Allah SWT. Berangkat hari ini adalah Jamaah Calon Haji yang di panggil Allah SWT," ujar Zarnawi.

Ia meminta jamaah asal Padanglawas untuk menjaga kesehatan terutama pola makan, istirahat yang cukup, jaga kekompakan dengan melebur perbedaan, satu kloter ini harus menyatukan hati, saling bahu membahu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Padanglawas, Abdul Manan, menyampaikan jemaah calon haji dari Padanglawas Tahun 2022 berjumlah 178 orang yang terdiri dari 77 orang laki laki dan 101 orang perempuan serta 1 orang TPHD.

Manan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya manasik haji sebagai wujud dari miniatur pelaksanaan ibadah haji dan merupakan manasik haji terakhir sebelum jamaah calhaj berangkat tanggal 14 Mei 2022.

Lebih lanjut kata Abdul, untuk teori dan praktek pelaksanaan ibadah haji telah dilaksanakan dalam 3 zonasi, yaitu, 19 s/d 20 dilaksanakan di zona Barumun Tengah dan Eks Barumun Tengah.

Tanggal 21 s/d 22 Mei di zona Barumun dan eks Barumun dan Tanggal 23 s/d 24 Mei 2022 di zona Sosa dan eks Sosa, kemudian 21 s/d 22 Mei di zona Barumun dan eks Barumun dan kemudian untuk Kabupaten Padangawas telah dilaksanakan 25 s/d 26 Mei 2022.

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Bahwa Kabupaten Padanglawas masuk pada Kloter 6 yang direncanakan akan masuk Asrama Haji Medan pada 15 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan 16 Mei 2022 pukul 21.00 WIB jamaah Calhaj akan bertolak dari Bandara Kuala Namu menuju Madinah Al Munawwarah.

Calhaj asal Kabupaten Padanglawas akan bergabung dengan Calhaj Asal Kota Tanjung Balai sebanyak 58 orang dan Calhaj Kota Medan sebanyak 146 Orang sehingga total Jamaah Calhaj kloter 6 berjumlah 388 orang termasuk petugas haji.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi