Gempabumi Magnitudo 4,9 Dirasakan di Sinabang

Gempabumi Magnitudo 4,9 Dirasakan di Sinabang
Gempabumi magnitudo 4,9 di Sinabang (BMKG)

Analisadaily.com, Sinabang - Wilayah Sinabang diguncang gempa tektonik, Rabu (22/6) pukul 13.48 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4.9.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.10 LU dan 96.46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 km arah Tenggara Sinabang-Aceh pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Darmawan.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sinabang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” sebutnya.

Hingga pukul 14.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” imbaunya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi