Uni Eropa Memberikan Status Kandidat Ukraina

Uni Eropa Memberikan Status Kandidat Ukraina
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy berbicara dalam pertemuan khusus Dewan Eropa di Gedung Dewan Eropa di Brussels, Belgia pada 30 Mei 2022. (Kenzo Tribouillard/Pool via Reuters)

Analisadaily.com, Brussels - Para pemimpin Uni Eropa memberi Ukraina status kandidat resmi yang didambakan untuk bergabung dengan klub 27 negara lainnya. Ini disebut sebuah langkah geopolitik berani yang dipuji Kyiv dan Uni Eropa sendiri sebagai "momen bersejarah". Meskipun Ukraina membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk akhirnya bergabung dengan blok tersebut, keputusan untuk secara resmi menerimanya sebagai kandidat adalah simbol niat UE untuk menjangkau jauh ke dalam bekas Uni Soviet.

"Rakyat Ukraina adalah bagian dari keluarga Eropa. Masa depan Ukraina bersama UE. Hari ini menandai awal dari perjalanan panjang yang akan kita jalani bersama," kata Kepala kebijakan luar negeri blok itu, Josep Borrell dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Jumat (24/6).

Invasi Rusia ke Ukraina mendorong Kyiv untuk secara resmi mengajukan status kandidat, dan UE untuk mempercepat persetujuannya.

"Masa depan Ukraina ada di UE," cuit Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, menyambut keputusan UE sebagai "momen unik dan bersejarah".

Enam tahun setelah warga Inggris memilih untuk meninggalkan UE, tetangga Ukraina, Moldova, juga diberikan status kandidat dan Georgia, negara bekas Uni Soviet lainnya, diberitahu akan mendapatkan hal yang sama setelah memenuhi lebih banyak persyaratan.

Para pemimpin Uni Eropa menekankan negara-negara ini akan memiliki banyak "pekerjaan rumah" yang harus dilakukan, dan setelah memulai ekspansi paling ambisius sejak negara-negara Eropa Timur bergabung setelah Perang Dingin, blok tersebut mungkin perlu mengubah cara kerjanya untuk mengatasinya.

"Saya yakin mereka (Ukraina dan Moldova) akan bergerak secepat mungkin dan bekerja sekeras mungkin untuk menerapkan reformasi yang diperlukan," kata ketua Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen dalam konferensi pers.

Duta besar Uni Eropa Ukraina, Vsevolod Chentsov, mengatakan lampu hijau Uni Eropa "adalah sinyal ke Moskow bahwa Ukraina, dan juga negara-negara lain dari bekas Uni Soviet, tidak dapat menjadi bagian dari lingkungan pengaruh Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan "operasi militer khusus" yang diluncurkannya di Ukraina pada akhir Februari sebagian diperlukan oleh perambahan Barat ke dalam apa yang dicirikan Rusia sebagai wilayah pengaruh geografis yang sah. Di balik retorika kemenangan atas pemberian status kandidat Ukraina dan Moldova, ada kekhawatiran di dalam UE tentang bagaimana blok itu dapat tetap koheren karena terus membesar.

Setelah dimulai pada tahun 1951 sebagai organisasi enam negara untuk mengatur produksi industri, UE kini memiliki 27 anggota yang menghadapi tantangan kompleks, mulai dari perubahan iklim dan kebangkitan Cina hingga perang di depan pintu mereka sendiri.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengatakan minggu ini bahwa UE harus "mereformasi prosedur internalnya" untuk mempersiapkan aksesi anggota baru, dengan menekankan perlunya isu-isu kunci untuk disetujui dengan mayoritas yang memenuhi syarat daripada dengan suara bulat.

Persyaratan untuk kebulatan suara sering menggagalkan ambisi UE karena negara-negara anggota dapat memblokir keputusan atau mempermudahnya.

Keengganan atas perluasan Uni Eropa telah memperlambat kemajuan menuju keanggotaan untuk sekelompok negara Balkan, Albania, Bosnia, Kosovo, Montenegro, Makedonia Utara dan Serbia, yang para pemimpinnya bertemu dengan rekan-rekan Uni Eropa mereka di Brussels pada hari sebelumnya.

Perdana Menteri, Albania Edi Rama, menyuarakan rasa frustrasi mereka, mengatakan saat dia tiba di pertemuan itu.

"Selamat datang di Ukraina, adalah hal yang baik untuk memberikan status kandidat, tetapi saya berharap rakyat Ukraina tidak akan memiliki banyak ilusi tentang hal ini," ucapnya.

Draf pernyataan KTT menunjukkan bahwa para pemimpin UE akan kembali memberikan "komitmen penuh dan tegas terhadap perspektif keanggotaan UE di Balkan Barat".

Tetapi langkah cepat Ukraina ke status kandidat formal hanya meningkatkan perasaan mereka disingkirkan, yang membawa risiko bagi UE bahwa Rusia dan China akan memperluas pengaruh mereka di kawasan Balkan.

Meskipun diguncang dalam beberapa tahun terakhir oleh krisis migran serta Brexit, serikat pekerja tetap populer, dengan survei minggu ini menunjukkan persetujuan untuk keanggotaan UE berada di level tertinggi dalam 15 tahun.

Tapi ketidakpuasan publik meningkat atas inflasi dan krisis energi karena Rusia memperketat pasokan gas sebagai tanggapan atas sanksi yang dijatuhkan atas tindakannya di Ukraina - masalah yang akan dibahas selama hari kedua KTT pada hari Jumat.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi