DEM Sumut Bahas Program Pengabdian Dalam Realisasi Optimalisasi Potensi Desa di Asahan

DEM Sumut Bahas Program Pengabdian Dalam Realisasi Optimalisasi Potensi Desa di Asahan
DEM Sumut bahas Program Pengabdian Dalam Realisasi Optimalisasi Potensi Desa di Asahan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Asahan - Dewan Energi Mahasiswa Sumatera Utara melaksanakan audiensi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan, di Kantor Dinas PMD Kabupaten Asahan. Audiensi ini dilakukan dalam rangka menyamakan persepsi antara Mahasiswa dan Pemerintahan Daerah untuk saling berkolaborasi dalam membangun Kabupaten Asahan yang lebih baik.

Kehadiran Dewan Energi Mahasiswa disambut baik oleh Dinas PMD Kabupaten Asahan dan mendukung program-program yang ditawarkan sepanjang kegiatan itu baik untuk meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat.

Dari hasil Audiensi yang dilakukan, Dewan Energi Mahasiswa menyampaikan terkait beberapa program yang akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi prioritas seperti wabah Penyakit Mulut dan Kuku hingga realisasi Energi Baru dan Terbarukan di desa melalui pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas.

“Yang perlu kita lihat dan kaji bersama adalah kurangnya optimalisasi potensi yang dimiliki oleh Desa. Secara umum, kami melihat potensi peternakan dan perkebunan menjadi sektor strategis yang harus dikembangkan. Yang menjadi PR untuk kita bersama adalah cara kita untuk melakukan pengelolaan dan bagaimana cara pengemasan dari sumber daya yang ada sehingga berdampak pada masyarakat di daerah tersebut,” ucap Sholihin Ikhwan, Menteri Ekonomi Kreatif DEM Sumut, dalam keterangan Selasa (28/6).

Presiden Dewan Enegi Mahasiswa Sumatera Utara (Sumut), Muhammad Reza Adyan Saski menuturkan bahwa mahasiswa hadir untuk memberikan kontribusi melalui aksi nyata dalam mengaplikasikan ide-ide cemerlang dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat. Namun, perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan mahasiswa dalam membangun sinergitas dalam menjalankan program tersebut.

“Harapannya program kebaikan ini dapat kita realisasikan bersama-sama melalui kerjasama yang baik antara DEM Sumut, Pemerintahan Daerah, dan stakeholder-stakeholder yang ada di Asahan. Bagaimanapun juga, peranan sebagai pemuda harus mampu memberikan kebermanfaatan untuk daerahnya,” ucap Raden Haitami.

Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Muhammad Reza Andhika, sangat mendukung kegiatan dan program yang akan dilaksanakan nantinya. Ia berharap kontribusi-kontribusi pemuda tidak hanya sebatas sampai dalam program sosialisasi yang akan dilaksanakan nantinya, namun ada aksi-aksi konkret yang dapat memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat.

“Intinya, saya mendukung secara penuh kepada adik-adik DEM Sumut untuk melaksanakan programnya di Kabupaten Asahan. Karena kita butuh pemuda-pemuda seperti mereka, yang siap turun langsung ke daerah untuk datang dan melaksanakan pengabdian. Harapannya, program ini segera terlaksana dan mampu memberikan dampak langsung kepada masyarakat,” ucapnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi