Apa Itu JavaScript? Yuk, Ketahui Fungsi dan Kelebihannya!

Apa Itu JavaScript? Yuk, Ketahui Fungsi dan Kelebihannya!
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com - Sebelumnya, pernahkah kamu mendengar istilah JavaScript? JavaScript sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan suatu situs menggunakan hosting murah yang berisi konten dinamis di dalamnya. Seperti halnya, adanya fitur slideshow, foto animasi, poling, request, dan lain sebagainya.

Selain itu, JavaScript sendiri umumnya dikolaborasikan bersamaan dengan CSS serta HTML. Yang mana HTML akan digunakan untuk pembuatan struktur website. Sedangkan CSS digunakan untuk merancang style pada halaman website tersebut. Selanjutnya, JavaScript berguna dalam menambahkan elemen interaktif agar meningkatkan engagement pengunjung.

Nah, salah satu contoh dari JavaScript ini adalah ketika kamu memberikan sebuah like dan komentar pada twitter. Di sini, kamu bisa melihat munculnya jumlah like dan komentar yang dapat terus bertambah secara real time bukan?! Bahkan, tanpa kamu harus melakukan reload halaman twitter kamu.

Itulah salah satu contoh dari penggunaan JavaScript. Sangat menarik bukan? Tentunya, JavaScript tak hanya berperan seperti itu saja. Masih ada beragam fungsi dan kelebihan dari JavaScript ini.

Fungsi JavaScript

JavaScript bisa dibilang memiliki fungsi yang cukup banyak. Tentunya, setiap fungsi tersebut memiliki perannya masing-masing dalam sebuah website. Nah, berikut adalah fungsi dari JavaScript:

1. Menjadikan Tampilan Website Lebih Menarik

Pertama, JavaScript berguna untuk membuat tampilan website menjadi terlihat lebih menarik dan interaktif. Seperti halnya animasi konten yang bergerak dan bisa memperbarui otomatis tanpa perlu melakukan reload berkali-kali halaman website. Dengan begitu, pengunjung tidak akan merasa bosan dalam berselancar di website kamu.

2. Bisa Membuat Aplikasi Mobile

Berikutnya, JavaScript juga bisa berperan dalam membuat sebuah aplikasi mobile lho! Bahkan, dengan menggunakan JavaScript pembuatan aplikasi mobile akan semakin mudah. Berkat framework tersebut, kamu bisa menciptakan aplikasi mobile dalam 2 sistem operasi sekaligus.

3. Menciptakan dan Mengembangkan Game Browser

Pastinya JavaScript tidak hanya untuk membuat halaman website saja. Namun, juga bisa berfungsi untuk membantu menciptakan dan mengembangkan game online berbasis browser lho! kamu bisa membuat game browser dengan mengkombinasikan bahasa pemrograman JavaScript dengan HTML5.

Nah, ada beberapa game populer yang menggunakan JavaScript ini. Di antaranya yaitu Lord of Ultima dan juga Flappy Bird. kamu bisa menciptakan dan mengembangkan game berbasis JavaScript ini berkat adanya framework JavaScript khusus game. Seperti halnya yakni Playground.js, Quintus, dan Pkamu.js.

4. Menjalankan Web Server

Nyatanya JavaScript tak hanya mampu bekerja di sisi browser saja lho!. Akan tetapi, juga bisa bekerja di sisi server dengan menggunakan Node.js di dalamnya. Nah, Node.js inilah yang akan mengeksekusi kode JavaScript pada sisi server tersebut. Sehingga nantinya dapat menjalankan situs, game browser, serta aplikasi web.

Selain itu, Node.js juga mampu untuk menangani banyak proses secara bersamaan. Yang mana kamu tidak perlu menunggu 1 proses selesai terlebih dahulu. Dengan demikian, proses dapat dilakukan dengan lebih cepat lagi.

Kelebihan Javascript

Tentunya, tak hanya fungsinya saja yang beragam. JavaScript juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di kalangan para developer lho! Nah, berikut kelebihan dari JavaScript yang perlu kamu ketahui:

  • Mudah Untuk Dipelajari
Seperti yang diketahui kalau bahasa pemrograman tentunya memiliki tingkat kesulitannya masing-masing bukan. Meski begitu, JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari lho! Sebab, syntax atau penulisan kode-kodenya sangat ringkas. Sehingga akan lebih mudah untuk dipahami oleh pemula.

  • Lebih Fleksibel Saat Digunakan
Kelebihan berikutnya dari JavaScript ialah website bisa dibuat dari sisi client. Bahkan seiring dengan perkembangannya JavaScript juga bisa dijalankan di sisi server berkat adanya Node.js ini. Nah, dengan begitu kamu bisa mengembangkan beragam software, seperti aplikasi mobile, desktop, game, console, serta server.

  • Beban Server Tidak Berat
Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika pengunjung mengakses website kamu script akan langsung terunduh di perangkat client. Selanjutnya script tersebut akan diproses pada browser client. Kemudian browser akan mulai menampilkan halaman website tersebut.

Proses kerjanya yang berjalan disisi server dinilai sangat efisien dalam mengurangi durasi loading. Hal ini lantaran cara kerjanya yang bersifat non-Blocking. Dengan demikian, prosesnya tidak akan berhenti 1 proses saja, tetapi dapat dilakukan secara bersamaan. Terlebih, bila proses sebelumnya tidak membutuhkan output apapun.

Baca juga : VPS Indonesia terbaik

  • Mendukung untuk Berbagai Kebutuhan
Nyatanya, JavaScript ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kamu. Tidak hanya untuk menjalankan proses front-end saja, akan tetapi juga bisa untuk mengelola server backend dengan Node.js ini. Nah, dengan memakai JavaScript ini kamu bisa mengembangkan website menjadi lebih efisien dan tak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang lain.

Nah, sudah paham kan kamu dengan apa itu JavaScript beserta fungsi dan kelebihannya? Dengan menggunakan JavaScript ini kamu tak perlu lagi repot-repot dalam menciptakan web ataupun mengembangkan situs lainnya. Selamat mencoba!

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi