Tidak Hanya Keraton, Inilah 6 Destinasi Wisata Yang Patut Dikunjungi Di Solo

Tidak Hanya Keraton, Inilah 6 Destinasi Wisata Yang Patut Dikunjungi Di Solo
Keraton Solo (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Solo - Meski tidak sepopuler Yogyakarta, Kota Solo menyimpan keunikan dan pesona wisata tersendiri yang dapat menarik para wisatawan. Karena itu, Solo bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi, terutama saat ingin menghabiskan momen liburan. Apalagi, akses ke kota yang juga disebut sebagai Surakarta ini terhitung mudah jika menggunakan pesawat karena kehadiran Bandara Adi Soemarmo.

Anda pun bisa memesan tiket perjalanan ke Kota Solo secara online melalui Traveloka. Sebab, Traveloka menghadirkan berbagai pilihan rute perjalanan serta maskapai yang melayani penerbangan ke Kota Solo. Menariknya lagi, tiket pesawat yang Anda pesan juga dapat dibayar secara dicicil karena kehadiran fitur Traveloka Paylater. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu khawatir bujet liburan ke Kota Solo akan berkurang karena pembelian tiket pesawat.

Mirip dengan Yogyakarta, Solo sendiri merupakan kota yang terkenal akan keratonnya. Bisa dibilang, budaya yang hadir di kota ini semuanya bersumber dari Keraton Solo. Sebab, keraton ini punya nilai historis tinggi. Meski begitu, destinasi wisata di kota yang punya slogan pariwisata “Solo The Spirit of Java” ini tidak hanya keraton semata. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kota Solo!

Kampung Batik Kauman

Apakah Anda termasuk pecinta batik? Jika iya, maka Anda wajib untuk mengunjungi kampung wisata yang satu ini. Apalagi, Kampung Batik Kauman ini berada di pusat Kota Solo sehingga akses untuk menyambanginya akan sangat mudah.

Perlu Anda tahu, ada banyak perajin batik yang bermukim di kampung ini. Hebatnya lagi, semua batik yang dibuat di kampung wisata ini dibuat hanya menggunakan tangan atau homemade. Karena itu, harga baju batik yang dijual di kampung wisata ini terbilang fantastis.

Pasar Gede

Ini merupakan pasar tertua yang terdapat di Kota Solo. Tidak heran, nilai historisnya tinggi dan terlihat pada desain bangunannya merupakan perpaduan arsitektur Belanda dan Jawa. Pasar yang juga punya sebutan sebagai Pasar Gede Harjonagoro ini lokasinya dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Kantor Bupati Solo. Jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner legendaris yang bisa Anda temui di pasar ini.

Museum Batik Danar Hadi

Danar Hadi merupakan perusahaan batik terkemuka yang cukup dikenal oleh masyarakat. Anda pasti pernah melihat atau bahkan menyambangi outletnya yang biasanya terdapat di mal-mal. Perusahaan ini diketahui membuka sebuah museum batik di Kota Solo sejak tahun 2008. Adapun Museum Batik Danar Hadi ini terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan.

Di museum ini, Anda bisa melihat koleksi batik yang lengkap dengan aneka corak khas dari seluruh Indonesia. Dari corak batik klasik sampai corak kontemporer, semuanya ada. Bahkan, Anda pun bisa belajar membatik saat mengunjungi museum ini. Anda bisa mengunjungi museum ini dari pukul 09.00 WIB – 16.30 WIB setiap harinya.

Taman Sriwedari

Ini merupakan salah satu taman bersejarah yang ada di Kota Solo. Sebab, taman ini sudah ada sejak era Pakubuwana X. Saat ini, Taman Sriwedari menjadi tempat penyelenggaraan hiburan malam yang menjadi tradisi di Kota Solo, yakni selikuran. Selain itu, ada berbagai pertunjukan lain yang kerap diadakan di taman ini seperti pertunjukan dance, pentas musik, hingga wayang orang. Karena itu, Taman Sriwedari juga dikenal sebagai Taman Hiburan Rakyat.

Ketika mendatangi taman ini, Anda akan disambut oleh gapura unik dengan lukisan yang disebut “Kresno Duto. Adapun, lukisan ini menceritakan epos dari kisah Mahabharata. Untuk berkunjung ke taman ini, Anda bisa menuju Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Laweyan. Anda bisa mengunjunginya kapan saja sebab taman ini dibuka selama 24 jam non stop.

Museum Keris Nusantara

Keris merupakan salah satu budaya yang sangat identik dengan Jawa. Anda bisa mempelajari kebudayaan satu ini saat berwisata di Kota Solo dengan mengunjungi Museum Keris Nusantara. Museum ini diketahui menyimpan banyak sekali koleksi dari beragam usia dan aneka bentuk. Bahkan, koleksi keris di Museum ini jumlahnya mencapai 1001 jenis.

Selain keris, Anda juga bisa melihat koleksi lainnya seperti pakaian adat Jawa hingga alat musik gamelan. Jika ingin berkunjung, Museum Keris Nusantara ini terletak di i Jalan Bhayangkara Nomor 2, Sriwedari, Laweyan. Anda bisa mengunjungi museum ini dari hari Selasa sampai Minggu sejak pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Namun, museum ini hanya buka sampai jam 11.00 WIB pada hari Jumat dan tutup di hari Senin.

Taman Satwa Jurug

Jika Anda berlibur ke Kota Solo bersama keluarga dan membawa anak-anak, maka wajib mengunjungi Taman Satwa Jurug. Tempat yang juga dikenal sebagai Jurug Solo Park ini merupakan kebun binatang yang cocok menjadi destinasi wisata sekaligus sarana edukasi bersama alam bagi Anak Anda.

Selain koleksi satwa yang cukup lengkap, Taman Satwa Jurug juga punya koleksi pohon langka seperti Akasia, Cemara, Pinus, dan sebagainya. Anda bisa mengunjungi Taman Satwa Jurug dengan menuju ke Jalan Ir. Sutami Nomor 109, Jebres, Kecamatan Jebres. Adapun, Taman Satwa Jurug ini dibuka mulai pukul mulai 08.00 WIB sampai 16.00 WIB setiap harinya.

Nah, kira-kira manakah destinasi favorit yang ingin Anda kunjungi saat berwisata ke Solo? Yuk, segera realisasikan dengan merencanakan liburan Anda bersama Traveloka!

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi