Gubsu Dukung Dakwah Tafsir Inspirasi Go International

Gubsu Dukung Dakwah Tafsir Inspirasi Go International
Gubsu Dukung Dakwah Tafsir Insprasi Go International. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mendukung Tafsir Inspirasi untuk go international. Apalagi Tafsir Inspirasi adalah karya Tafsir 30 juz pertama di Indonesia yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Gubsu juga berharap agar masyarakat Sumut menjadikan Alquran sebagai sumber inspirasi kebahagiaan hidup sehingga terwujudlah masyarakat Sumut yang religius dan bermartabat. Serta dengan karya Tafsir Inspirasi dapat menjadi motivasi lahirnya karya-karya ulama Sumut lainnya untuk dapat berkontribusi dalam peradaban keilmuan di Indonesia maupun dunia.

Tafsir Inspirasi sendiri adalah karya ulama dan Guru Besar UIN Sumut Prof Dr. KH. Zainal Arifin Zakaria Lc. MA.

Dia saat ini diberi amanat sebagai Ketua Umum OIAA (Organisasi Internasional Alumni Al Azhar) Sumut dan Penasehat Yayasan Madinatul Quran.

Prof KH Zainal Arifin membawa pesan moderasi Alquran sebagai sumber inspirasi mukmin untuk meraih kebahagiaan paripurna dunia maupun surga. Setiap ayat dalam Alquran disajikan dengan satu inspirasi dengan 1.000 judul utama dan 6.000 sub judul dalam pembahasan ringkas 30 juz 114 nama surat.

"Di 2022 ini, Tafsir Inspirasi berusi 10 tahun. Cetakan pertama dilakukan pada tahun 2012. Pada tahun 2022 ini Tafsir Inspirasi mendapatkan dana bantuan hibah provinsi melalui Bapak Gubsu Letjend (Purn) H. Edy Rahmayadi. Dana ini digunakan untuk cetakan ketujuh bahasa Indonesia sebanyak 2.000 eks dan cetakan pertama berbahasa Inggris 1.000 eks melalui Yayasan Madinatul Quran Al Alamiyah," ujarnya.

Sebelumnya, Jumat 22 Juli 2022 bersama BKMT Kota Medan hadir di Rumah Dinas Gubsu dan diadakan sosialisasi dan distribusi Tafsir Inspirasi.

Acara ini langsung dihadiri oleh Gubsu dan Hj. Nawal Lubis yang juga bertindak selaku pembina BKMT didampingi oleh Pembina Yayasan Madinatul Quran Hj. Ihdina Marbun SH, MKn serta Hj Drs Aminah Yusuf SPd.MM (Ketua BKMT).

Ustaz Muh. Fadhli Sudiro selaku Direktur Madinatul Quran melaporkan tentang giat sosialisasi dan distribusi Tafsir Inspirasi dalam bentuk seminar dan bedah buku yang telah terlaksana di Universitas Ibnu Khaldun Bogor pada Kamis 9 Juni 2022 dan di KBRI Ankara Turki bersama Ulama Alquran Turki Dr. Eyyub Tuncer pada Kamis 16 Juni 2022 yang dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi PPMI Turki.

Serta distribusi Tafsir Inspirasi into English di 30 Perpustakaan Universitas di Turki melalui kerja sama Tim EDUTOLIA Turki dan IKPM Gontor cabang Turki.

Penulis Tafsir Inspirasi, Prof Zainal Arifin menegaskan bahwa karya ini buah dari arahan dan bimbingan almarhum Prof Dr H Abdullah Syah MA., sebagai Ketua Umum MUI Sumatera Utara dan OIAA Sumatera Utara.

"Beliau telah membimbing hingga lahir tafsir inspirasi sebagai tafsir lengkap pertama di Sumut, dan tafsir Inggris pertama lengkap 30 juz di Indonesia," ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi