Gebyar Muharram 1444 Hijriah Kubahsentang Meriah

Gebyar Muharram 1444 Hijriah Kubahsentang Meriah
Gebyar Muharram 1444 Hijriah diinisiasi kolaborasi KKN Kelompok 33 UIN-SU dengan Irmaja Kubahsentang (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantailabu - Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, kolaborasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 33 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) dengan Ikatan Remaja Masjid Jami (Irmaja) Desa Kubahsentang, menggelar acara bertajuk “Gebyar Muharram 1444 Hijriah” berjalan meriah dan lancar, Minggu (31/7).

Program kolaborasi tersebut dimeriahkan dengan 5 jenis perlombaan untuk anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) sederajat yakni, lomba azan, tahfiz surat pendek, praktik salat fardhu, mewarnai dan busana muslim.

Acara dibuka secara resmi Kepala Desa Kubahsentang Ihwan Hidayat didampingi Ketua TP-PKK Desa Salamiah Ihwan Hidayat dan turut dihadiri Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami Amirul Khair yang menegaskan, sebuah kebanggaan bagi dirinya selaku pemimpin di desa itu, warganya sangat mendukung dalam memeriahkan tahun baru Islam.

“Alhamdulillah, tahun baru Islam tahun ini sangat meriah. Bangga dan terima kasih saya, masyarakat mendukung kegiatan ini juga anak-anak Irmaja serta anak-anak KKN Kelompok 33 dari UIN-SU yang sedang mengabdi di sini,” ujarnya.

Sejumlah lomba yang digelar bukan untuk menunjukkan siapa yang juara, melainkan untuk menempa mental agar punya karakter tangguh dan siap menjadi pemimpin masa mendatang. Semua anak yang ikut lomba merupakan anak-anak hebat dan juara. Namun tentu ada penilaian yang bermanfaat sebagai bahan peningkatan kualitas.

“Selamat berlomba. Yang menang harus bersyukut dan tidak sombong. Dan yang kalah jangan bersedih dan terus berusaha lebh baik karena kalian semua anak-anak juara,” ucapnya.

Ketua KKN Kelompok 33 UIN-SU, Rizki Ramadani, mengapresiasi dukungan dari semua masyarakat, BKM Jami dan anggota Irmaja. Tanpa dukungan dari masyarakat termasuk Pemerintahan Desa Kubahsentang, acara kolaborasi mereka tidak akan terlaksana dengan baik.

Dari 5 jenis perlombaan dengan 8 cabang yang dilaksanakan itu diikuti 200 peserta lebih. Jumlah itu melebihi target yang direncanakan sebagai bukti masyarakat khususnya anak-anak sangat antusias mengikuti semua jenis lomba terlebih busana muslim.

“Pesertanya melebih target kita. Sekali lagi terima kasih atas dukungan ini,” ucap Rizki.

Rizki secara khusus mengapresiasi dukungan dari Irmaja dalam menyukseskan perlombaan yang dilaksanakan. Dukungan Irmaja sangat membantu dan menentukan sukses tidaknya perlombaan yang meriah tersebut.

Ketua Irmaja Muhammad Ramazi menguraikan, Gebyar Muharram 1444 Hijriah merupakan kolaborasi indah yang sangat mendukung pula program-program Irmaja yang tidak pernah absen dalam memeriahkan setiap peringatan hari besar Islam (PHBI).

Gebyar Muharram tersebut juga dirangkai dengan penyantunan anak yatim, guru mengaji Alquran dan ceramah agama pada malam nanti setelah 2 hari sebelumnya Jumat (29/7) malam digelar zikir akbar bersama tepat pada malam 1 Muharam 1444 Hijriah.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi