Rp 30 Miliar Lebih per Tahun APBD Palas Tersedot Bayar Gaji Honorer

Rp 30 Miliar Lebih per Tahun APBD Palas Tersedot Bayar Gaji Honorer
Kantor BKSDM Palas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Jumlah tenaga honorer atau biasa disebut tenaga kerja sukarela non Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Pemkab Palas) cukup fantastis. Jumlahnya mencapai 3.000 orang lebih.

Tenaga honorer ini menyebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk di sekretariat Pemkab Palas. Malah ada OPD yang tenaga honorernya mencapai 50 orang lebih. Informasi diperoleh dari BKSDM Palas, data 2021 jumlah tenaga honorer di Pemkab Palas mencapai 3.129 orang.

"Jumlahnya kalau tidak salah mencapai 3.129 orang," kata Adi Putra Halomoam Hasibuan, Kepala BKSDM Palas, Selasa (30/8).

Adi menjelaskan, honor yang dibayarkan kepada tenaga honorer dipastikan bersumber dari APBD Palas. "Iya honornya dari APBD Palas," kata Adi.

Sementara honor yang diterima masing-masing tenaga honorer per bulannya Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta. Jika per bulannya Rp 800 ribu dikalikan dengan 3.129 orang, maka dana APBD untuk membayar honor tenaga honorer mencapai Rp 2,5 miliar per bulan. Jika Rp 2,5 miliar dikalikan dengan 12 bulan, maka APBD Palas untuk membayar honor tenaga honorer Rp 30 miliar lebih.

Bengkaknya jumlah tenaga honorer di Pemkab Palas berada dalam situasi dilematis. Satu sisi untuk menampung tenaga kerja, namun di sisi lain beban APBD cukup berat jika dilihat dari besarnya anggaran yang dikeluarkan setiap tahun.

"Cukup besarlah memang, belum lagi untuk menggaji pegawai PPPK," kata Adi.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi