Simak Beberapa Tips Memilih Ban Mobil yang Awet dan Berkualitas

Simak Beberapa Tips Memilih Ban Mobil yang Awet dan Berkualitas
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Demi kenyamanan dan keamanan selama berkendara, maka mengetahui tips memilih ban mobil adalah hal penting dan layanan otoklix tentunya sangat membantu. Karena itu merupakan sebuah layanan tentang dunia otomotif, seperti perawatan mobil, dan lain sebagainya.

Berbicara soal ban, maka kondisi yang baik juga dapat berpengaruh besar dengan kestabilan pengendara selama menyetir. Begitu juga sebaliknya, jika ban sudah berlubang bahkan sampai gundul, maka ini bisa membahayakan penggunanya.

Jika kondisi seperti itu sudah terjadi, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Namun sebelum membeli, pastikan dulu Anda memilih dengan cara yang benar. Bagaimana caranya?

Begini Tips Memilih Ban Mobil yang Paling Mudah

Ban sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan, tidak terkecuali mobil. Ban yang sesuai dan tepat maka bisa memberi tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi bagi penggunanya.

Sebelum mendapatkan jenis ban yang sesuai untuk mobil Anda, maka diperlukan pengetahuan khusus oal kode bahasa pada produk ban. Karena ban memiliki banyak kode dan ukuran, sehingga Anda harus bisa memilih sesuai spek mobil sendiri.

Karena kondisi dan kelayakan ban adalah hal yang sangat penting untuk kenyamanan selama berkendara, maka dibutuhkan yang berkualitas. Nah, berikut ini ada beberapa cara atau langkah yang bisa Anda lakukan saat akan memilih ban untuk mobil kesayangan Anda.

Pilih Sesuai Tipe Mobil

Tips memilih ban mobil untuk langkah yang pertama adalah dengan menentukan sesuai dengan tipe mobil Anda sendiri. Hal ini karena setiap jenis kendaraan mobil akan mempunyai tipe dan ukuran bawaan tersendiri dari pabriknya.

Lantas bagaimana cara untuk bisa melihatnya. Padahal jenis dan tipe ban akan diukir pada bagian plakat laci maupun pintu. Namun ini tergantung dari jenis mobilnya. Bahkan ternyata ada juga yang mencantumkan bahwa tipe atau jenis ban di dekat tutup tangki bahan bakar.

Sehingga saat Anda akan membeli ban baru, maka Anda dapat melihat sejumlah referensi tipe dan jenisnya dari pilihan pabrikannya. Selain itu, menentukan ban mobil juga bisa berdasarkan terhadap jenis dan tipe maupun melihat dari petunjuk penggunaannya.

Pilihlah Sesuai Ukurannya

Tips memilih ban mobil untuk langkah yang kedua adalah dengan memilih jenis ban sesuai ukuran masing-masing. Pasalnya setiap jenis ban kendaraan, termasuk mobil akan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Sehingga sangat tidak mungkin apabila jenis ban sedan harus menggunakan jenis ban berukuran ban mobil MPV. Oleh karena itu Anda sebagai calon pembeli harus mengetahui terlebih dahulu arti kode-kode yang terukir pada permukaan samping ban tersebut.

Sebab sebenarnya bahwa seluruh informasi mengenai ukuran ban sudah tertera di sana dan sayangnya tidak semua orang paham tentang kode itu. Selain hanya ukurannya, maka jenis ban juga terbagi menjadi dua bagian yaitu ban tubetype, tubeless dan ban radial ataupun ban bias.

Perhatikan Tingkat Ketebalannya

Tips memilih ban mobil berikutnya tidak hanya mengetahui ukuran dan jenisnya saja, melainkan harus mengetahui tingkat ketebalannya. Pasalnya ban yang paling bagus biasanya akan memiliki tingkat ketebalan mencapai 50.

Jadi saat Anda memilih ban yang tebal, secara otomatis maka keseimbangan kendaraan dan performanya dapat semakin meningkat. Akan tetapi apabila Anda membeli ban tanpa ketebalan yang baik, kemungkinan besar performanya akan semakin menurun.

Sementara itu, apabila dilihat dari harga ban, maka juga dapat dilihat bahwa yang profilnya tinggi jauh lebih mahal tapi perbandingannya tak terlalu jauh. Sehingga daripada Anda sering ganti ban, ada baiknya memilih ban dengan kapasitas yang paling maksimal agar awet.

Mengetahui Tahun Pembuatan

Ternyata tidak hanya jenis makanan saja yang mempunyai kode pembuatan hingga tanggal kadaluarsa. Melainkan ban mobil pun juga memilikinya, sehingga Anda harus ganti apabila telah mencapai tanggal kadaluarsa.

Lantas bagaimana caranya? Nah, langkah yang pertama Anda dapat memperhatikan bagaimana kode ban tersebut yang biasanya tertera 4 digit angka, contohnya 0313.

03 ini artinya waktu pembuatan ban atau pada minggu ketiga, sedangkan angka 13 menunjukkan tahun ban diproduksi. Sehingga kode dari 0313 merupakan ban yang dibuat pada minggu ke 3 tahun 2013.

Nah, untuk memilih ban yang bagus, sebaiknya pilih saja ban dengan tahun pembuatan yang tergolong masih baru. Karena ban terbuat dari karet, maka kualitas ban yang baru akan tetap berbeda dengan ban lama walaupun belum pernah terpakai.

Tips memilih ban mobil juga jangan lupa memilih merek yang terbaik dan jangan lupa lakukan perawatan di bengkel ban mobil resmi. Anda bisa menggunakan layanan dari Otoklix, sebab ini akan membantu Anda untuk melakukan servis seperti ganti oli maupun ganti ban. Oleh karena itu segera hubungi kami sekarang juga untuk info lebih lanjut tentang perawatan mobil.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi