Ratusan Peserta Jambore Otomotif Indonesia Tiba di Pakkodian

Ratusan Peserta Jambore Otomotif Indonesia Tiba di Pakkodian
Ketua Overlanding Indonesia, Renville Antonio (kanan) di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Overlanding Indonesia menggelar acara Jambore Otomotif Indonesia (JOI) di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba, Jumat hingga Minggu, 23-25 September 2022. Acara tersebut dihadiri ratusan peserta dari beragam komunitas pecinta alam, otomotif, dan fotografi dari berbagai daerah di Tanah Air.

Para peserta camping bersama di lokasi wisata alam Pantai Pakkodian dengan panorama keindahan Danau Toba.

"Ini yang pertamakali dilakukan Overlanding Indonesia secara besar dan ini pertama kali dilakukan di Sumut," ujar Ketua Overlanding Indonesia, Renville Antonio, Sabtu (24/9).

Ia mengatakan tujuan acara ini mempersatukan penikmat alam yang ada di Indonesia, sekaligus menjalin persaudaraan antar sesama pecinta alam.

"Baik komunitas sepeda motor, fotografer, mobil dan lain-lain untuk sama-sama kita camping bareng, kita menikmati alam bareng selama dua malam dan kita bisa silaturahim mempererat tali persaudaraan," kata Renville.

Dalam acara tersebut, peserta yang hadir juga tampak membawa keluarga, istri dan anak tercinta.

"Terkadang menikmati alam itu banyak orang yang senangnya bersama keluarga. Kita komunitas yang menikmati alam, merawat alam, besok juga ada bersih-bersih pantai," ucapnya.

Lebih lanjut Renville mengatakan, sang founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga ikut camping, bermalam menikmati wisata alam di Pantai Pakkodian.

"Alhamdulillah ini nanti Mas AHY sudah hadir, menikmati satu malam di sini, bermalam satu malam. Ini kehormatan dan kebanggaan bagi kami semua di sini untuk bisa sama sama camping bareng mas AHY," ucapnya.

Renville juga menceritakan sejarah terbentuknya komunitas Ovelanding Indonesia.

"Jadi memang yang pertama Ovelanding Indonesia ini dibentuk oleh Mas Agus Harimurti Yudhoyono, beliau ini tokoh muda yang aktif tidak hanya di politik tapi di bidang sosial kemanusiaan segala macam. Ternyata beliau punya passion punya hobi di bidang menikmati alam dengan bermalam di lokasi alam itu sendiri seperti camping," katanya.

Atas dasar kesamaan passion yang sama yakni mencintai keindahan wisata alam Nusantara, dan juga turut merawat dan memajukan potensi wisata, maka terbentuklah Overlanding Indonesia.

"Sehingga kami tahu beliau hobi, kita sama sama membentuk komunitas Ovelanding Indonesia," ujarnya.

Renville menjelaskan kalau Overlanding Indonesia itu komunitas pecinta alam, penikmat alam.

"Dalam arti ya kalau kita mau menikmati alam itu, dimana pun itu di Indonesia maka kita harus bermalam, merasakan hawanya, suhunya alamnya," jelasnya.

"Ini tidak hanya terbatas pada offroader, tapi ini semua komunitas sepeda motor bisa, fotografer bisa, pecinta alam bisa, dan masyarakat yang lain yang penting punya passion yang sama," tandas Renville.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi