255 Peserta Ikuti Ujian Seleksi Panitia Pengawas Kecamatan

255 Peserta Ikuti Ujian Seleksi Panitia Pengawas Kecamatan
Ketua Badan Pengawas Pemilu Padanglawas, Rahmat Efendi Siregar, memantau pelaksanaan ujian seleksi Panwascam, Sabtu (15/10) (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Sebanyak 255 peserta mengikuti ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Tes (CAT), seleksi penerimaan Panitia Pengawas Kecamatan dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Padanglawas di gedung sekolah SMK Negeri 1 Barumun, Sabtu (15/10).

Kegiatan ujian tes tertulis berlangsung selama dua hari dimulai 15 -16 Oktober, dengan ketentuan tes ujian tertulis dilaksanakan enam sesi dengan jumlah peserta setiap sesi sebanyak 50 peserta.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Padanglawas, Rahmat Efendi Siregar, mengatakan sebelum peserta memasuki ruangan ujian tertulis, terlebih dulu diberikan bimbingan tentang aturan dan ketentuan pelaksanaan tes ujian menggunakan sistim berbasis CAT.

"Setiap peserta ujian harus mematuhi tata tertib yang telah diatur oleh Bawaslu, apabila melanggar tata tertib pihak panitia akan memberi sanski mengeluarkan peserta dari ruangan ujian," tegas Efendi.

Dikatakan, setelah memasuki ruangan tes ujian akan dipandu oleh petugas. Peserta harus bersikap disiplin dan adil dengan tetap menjaga ketertiban didalam ruangan.

"Kegiatan ujian dilakukan enan sesi selama dua hari, diikuti 255 peserta calon Panwascam," terangnya.

Ia menambahkan, untuk hari ini dilaksanakan sebanyak 5 sesi bagi peserta calon Panwascam yang berasal dari Kecamatan Barumun, Aek Nabara Barumun, Barumun Baru, Barumun Selatan, Barumun Barat serta Barumun Tengah.

"Khusus untuk hari kedua, Minggu (16/10) dilaksanakan 1 sesi dengan jumlah peserta sebanyak 6 orang dari Kecamatan Ulu Sosa," katanya.

Ia menjelaskan, setiap peserta yang telah selesai ujian wajib mengisi angket pada link yang disediakan oleh panitia dengan link hhtps test tertulis Panwascam 2024 dari hasil akhir pengisian dikirim ke angket setelah di screenshoot kemudian dikirim ke nomor WA 0852 0750 5281.

Untuk pengumuman yang lolos enam besar akan diumumkan Senin (17/10) dan selanjutnya mengikuti ujian wawancara untuk diambil sebanyak 3 orang per Kecamatan sebagai anggota Panwascam Pemilu 2024.

"Sistem penilaian bagi peserta untuk ujian tertulis 40 persen dan tes wawancara 60 persen setelah lolos enam besar dari hasil tes ujian tertulis," tambahnya.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi