Tragedi Pesta Halloween, Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa

Tragedi Pesta Halloween, Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa
Seorang pria memberikan penghormatan di dekat lokasi penyerbuan selama perayaan Halloween, di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 30 Oktober 2022. (Reuters/Kim Hong-ji)

Analisadaily.com, Seoul - Para pemimpin internasional menyampaikan belasungkawa setelah setidaknya 22 warga negara asing dari 12 negara termasuk di antara mereka yang meninggal dunia dalam tragedi pestadi distrik Itaewon Seoul, tempat kehidupan malam yang populer bagi warga Korea Selatan dan ekspatriat.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, mengumumkan masa berkabung nasional pada hari Minggu (30/10) setelah pesta Halloween menewaskan 153 orang di kawasan kehidupan malam yang padat.

Mereka yang tewas dalam bencana Sabtu malam termasuk orang-orang dari China, Iran, Rusia, Amerika Serikat, Australia, Uzbekistan, Vietnam, Kazakhstan, Austria, Sri Lanka, Thailand, Norwegia dan Prancis, kantor berita Yonhap melaporkan.

Setidaknya empat warga negara China termasuk di antara mereka yang tewas, kantor berita Xinhua melaporkan, mengutip kedutaan besar China di Seoul.

"Atas nama pemerintah dan rakyat China, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka dan yang terluka," kata Presiden Xi Jinping dalam sebuah surat menurut Xinhua dilansir dari Reuters, Minggu (30/10).

Xi mengatakan kecelakaan itu juga menyebabkan warga China lainnya terluka dan berharap Korea Selatan "akan melakukan segala upaya untuk menyembuhkan dan menangani akibatnya".

Presiden AS, Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka.

"Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua orang yang terluka," tulisnya.

"Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini," kata Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak.

Seorang warga Norwegia dipastikan tewas, kata juru bicara kementerian luar negeri Norwegia, menolak untuk memberikan rincian usia atau identitas, dengan alasan kerahasiaan.

"Saya sangat terpukul dengan berita tentang insiden mengerikan sehubungan dengan perayaan Halloween di Seoul," kata Menteri Luar Negeri Norwegia, Anniken Huitfeldt dalam sebuah pernyataan.

"Belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman yang kehilangan orang yang mereka cintai. Pikiran saya bersama mereka yang terkena dampak tragedi ini," tuturnya.

"Saya memikirkan semua orang yang terkena dampak tragedi ini, dan berharap pemulihan yang cepat dan penuh bagi mereka yang terluka," ucap Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi