Baksos Meriahkan Hari Sumpah Pemuda 2022, Ribuan Warga Ikut Berobat Gratis

Baksos Meriahkan Hari Sumpah Pemuda 2022, Ribuan Warga Ikut Berobat Gratis
Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi didampigi Parlindungan Purba, Ketua Panitia drg. Martyn dan panitia lainnya memberikan hadiah lucky draw kepada warga di sela baksos kesehatan di Lapangan Merdeka Sri Mersing, Kota Tebing Tinggi (30/10). (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Pemerintah Kota Tebingtinggi, Polres dan Yayasan Maha Karuna menggelar kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Lapangan Merdeka Sri Mersing, Kota Tebingtinggi (30/10). Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 94.

Bakti sosial ini turut melibatkan sejumlah organisasi masyarakat diantaranya Lions Club Cemara, GEMA INTI Sumut, Walubi Sumut, YSKI, Pokdarkamtibmas Polres Tebingtinggi, WBI Tebingtinggi, Universitas Sari Mutiara dan Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Anak FKG USU melakukan perawatan gigi dan mulut pada 400 anak dari 15 SD Negeri dan Swasta yang tersebar di Tebingtinggi. Kegiatan ini merupakan program Skim Mandiri di bawah Lembaga Pengabdian Masyarakat USU yang dipimpin oleh drg. Ami Angela Harahap SpKGA MSc.

Kegiatan bakti sosial
Ketua Panitia drg. Martyn mengatakan, baksos mengambil tema “Wujudkan Masyarakat yang Sehat Menuju Tebingtinggi Sejahtera dan Terdepan" dengan melibatkan sekitar 176 orang tim medis yang terdiri atas dokter, dokter gigi, dokter spesialis, perawat, apoteker dan tenaga medis lainnya.

"Penanganan medis yang kita berikan meliputi pengobatan umum, kulit, THT, gigi dewasa, gigi anak, akupunktur, cek gula darah, cek asam urat, cek kolesterol dan pembagian kacamata baca. Setiap warga yang berobat kita berikan undian lucky draw serta makanan dan minuman," tambah drg. Martyn, Sekretaris Yayasan Maha Karuna.

Dia mengucapkan kepada para donatur dan relawan yang telah ikut mendukung kegiatan bakti sosial ini sehingga acara bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya kota Tebingtinggi," jelas Martyn yang juga Ketua GEMA INTI Sumut.

Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Dr Parlindungan Purba SH MM menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dalam membangun bangsa sebagaimana tema Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yakni "Bersatu Bangun Bangsa" seperti saat ini pengobatan gratis bentuk membangun bangsa di bidang kesehatan.

"Apresiasi setinggi-tingginya kita berikan kepada Yayasan Maha Karuna terutama Ibu Lidya Fransiska atas terselenggaranya kegiatan ini. Kita harapkan acara seperti ini bisa kita laksanakan pada daerah lain di Sumatera Utara," ujar Parlindungan Purba yang juga Ketua Yayasan Sari Mutiara.

Pj. Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi SSos MTP menyampaikan kesadaran masyarakat akan hidup sehat sangat baik sekali. Terlihat dari warga yang antusias menghadiri kegiatan ini.

Pj. Walikota Tebing menyerahkan plakat kepada Pembina Yayasan Maha Karuna Upi. Lidya Fransiska dan Tokoh Masyarakat Tebingtinggi Ali Aseng yang sangat berkontribusi besar pada acara ini serta penanggung jawab tim medis yang diwakili oleh dr. Veronica dan drg. Alvin Leonardi.

Turut hadir Forkompinda Tebingtinggi seperti Wakil Ketua DPRD Iman Irdian Saragih, perwakilan Polres, Perwakilan Dandim 0204/DS Kapten Inf PM Simanjuntak, OPD diantaranya Plt. Sekda Bambang Sudaryono, Kadis Kesehatan dr. Muhammad Iqbal, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Kadis Ketenagakerjaan Iboy Hutapea.

Hadir juga dalam acara ini Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH, Presiden Lions Club Cemara Hasan, Pembina GEMA INTI Sumut Meng Lie Amran SAg MPd

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi