Kunci Sukses Medan Juara Umum Porprov 2022

Kunci Sukses Medan Juara Umum Porprov 2022
Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani MSi mendampingi Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM menerima trofi juara umum Porprovsu 2022 dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di acara penutupan di lapangan Astaka. (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani MSi menyebut, kunci sukses kontingen Medan di Porprovsu 2022 menjadi juara umum Porprovsu 2022 karena kerja keras dan kerja sama kita semua.

"Keberhasilan di Porprovsu 2022 ini adalah buah dari perjuangan keras. Hasil dari persiapan matang, baik dari atlet, pelatih, ofisial, pengkot dan Pemko serta masyarakat Medan," ucap Eddy Sibarani, di Medan, Minggu (06/11/2020).

Medan menjadi juara umum dengan mendominasi raihan medali dan membuat rekor yakni 84 emas, 45 perak, 41 perunggu. Naik signifikan dari pencapaian Porprovsu 2019 yang meraih 67 emas, 51 perak, 50 perunggu.

"Tentunya hasil yang pantas diapresiasi melihat tahapan panjang kontingen Medan dalam persiapan menghadapi event olahraga empat tahunan ini. Karena itu bentuk apresiasi pun telah disiapkan Wali Kota Medan," ungkap Ketua Umum KONI Medan.

"Hasil yang dicapai di Porprovsu juga sudah maksimal, mengingat atlet yang dikirim adalah atlet-atlet pilihan," tambahnya.

Dikatakan, kontingen Medan berkekuatan 244 atlet, 51 pelatih dan 34 ofisial. "Dilihat dari total raihan medali yang mencapai 170 keping, kita juga puas. Jumlah atlet Medan ada 244, yang persentasenya hanya 8 persen dari total atlet yang tampil di Porprovsu 2022 sebanyak 3.067 atlet. Tetapi atlet kita mampu meraih 84 emas dari 244 yang diperebutkan. Atau mencapai 35 persen dari total medali emas Porprovsu 2022", ucap Eddy Sibarani.

Menurut dia, banyak cabor yang melampaui target meski ada juga yang meleset dan perlu dievaluasi. Hasil ini juga tidak lepas dari dukungan semua pihak. Dukungan dari Wali Kota dan jajaran Forkopimda.

"Untuk itu Pemko telah menyiapkan pemberian bonus kepada atlet Medan peraih medali di Porprovsu 2022 dalam waktu dekat," sebut dia.

Usai menerima trofi juara umum di acara penutupan Sabtu (05/11/2022) lalu, Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution SE MM Nasution berjanji akan memberikan reward kepada para atlet yang telah berprestasi pada Minggu depan. Di kesempatan itu, Wali Kota juga mengucapkan selamat kepada kontingen yang telah mengharumkan nama kota Medan sehingga mampu meraih juara umum Porprovsu 2022.

Terkait dengan persiapan PON XXI di mana Aceh-Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama, menurut Ketua Umum KONI Medan, hasil juara di Porprovsu menjadi penting karena merupakan arena seleksi. "Karena kita tuan rumah mari kita raih momentum emas itu dengan persiapan serius agar menjadi juara di depan pendukung sendiri saat berlangsungnya PON 2024," tuturnya.

(BBG/JG)

Baca Juga

Rekomendasi