Tim Gabungan TNI/Polri Selamatkan Sandera dan Jinakkan Bom di Kualanamu

Tim Gabungan TNI/Polri Selamatkan Sandera dan Jinakkan Bom di Kualanamu
Tim Gabungan TNI/Polri Selamatkan Sandera dan Jinakkan Bom di Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Aparat gabungan TNI/Polri serta Avaiton Security (Avsec) melakukan penyelamatan sandera calon penumpang oleh 2 pelaku diduga teroris bersenjata api serta berhasil menjinakkan bom yang dipasang.

Penyelamatan 2 sandera berjalan dramatis, begitu juga penjinakan bom yang dipasang pelaku di dekat toilet lantai II terminal penumpang.

Untuk menangani pelaku sandera, terpaksa Pasukan Khusus (Paskas) TNI AU diterjunkan melumpuhkan kedua pelaku. Sementara menjinakkan bom diturunkan Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Sumut.

Kapolsek Kawasan Bandara Kualanamu, Iptu Jonni H Damanik, yang dikonfirmasi Kamis (8/12), mengaku aksi penyelamatan sandera dan penjinakan bom tersebut hanya simulasi penyelamatan saja, dengan kegiatan Airport Emergency Exeecise (AEE) dan Airport Security Exercise (ASE) oleh PT Angkasa Pura Aviasi.

"Jadi intinya kegiatan ini hanya simulasi yang dilakukan secara bersama TNI/Polri Avsec serta stakeholder di Bandara Kualanamu," jelasnya.

Sedangkan tujuan dari kegiatan AEE dan ASE ini untuk meningkatkan kemampuan, sekaligus melatih personel pengamanan Bandara Kualanamu terkait dalam penanggulangan keadaan darurat.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi