UKW Angkatan 50-51 di Asahan, 16 Peserta Belum Kompeten

UKW Angkatan 50-51 di Asahan, 16 Peserta Belum Kompeten
Peserta UKW foto bersama dengan penguji dan pengurus PWI Sumut di Aula Sabty Garden Kisaran, Minggu (11/12) (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Asahan angkatan 50-51 berlangsung dengan sukses selama dua hari, Sabtu-Minggu (10-11/12) di Aula Sabty Garden Kisaran.

Dalam kegiatan tersebut ada 48 peserta yang ikut UKW, terdiri dari 8 kelas, 7 kelas tingkat Muda dan 1 kelas tingkat Madya.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Syahrir mengatakan, dari 48 peserta hanya 26 orang yang berkompeten tingkat Muda ditambah lagi 6 orang tingkat Madya dan 16 orang yang tidak berkompeten tingkat Muda.

"Secara nasional wartawan yang berkompeten 16.210 orang ditambah 26 yang berkompeten tingkat Muda dari Asahan jadi total yang berkompeten 16.236 orang," ujar Syahrir.

Menanggapi hasil UKW, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik sangat kecewa melihat jumlah hasil karena ada 16 orang yang tidak berkompeten.

“Terus terang saya sangat kecewa melihat hasil yang tidak lulus, padahal sebelumnya sudah dilaksanakan pra UKW, di situ para peserta bisa langsung bertanya kepada mentor soal materi apa saja yang diujikan," kata Farianda.

Perwakilan PWI Pusat, Dedi Sahputra mengatakan UKW ini bukan lah akhir dari perjuangan tapi awal dari perjuangan, diharapkan kepada rekan-rekan untuk menerapkan apa yang diujikan ini bisa diterapkan di lapangan saat menjalankan tugas jurnalistik.

"Kepada rekan-rekan yang telah lulus UKW agar lebih berhati-hati untuk menjalankan tugas jurnalistik karena ada rambu-rambu yang harus dijaga," ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Asahan, Syamsudin mengatakan, dirinya baru kali ini melihat secara langsung berjalannya UKW. Tahun depan Diskominfo Asahan akan melaksanakan kegiatan lomba menulis dan memberikan reward kepada yang ikut lomba pada kegiatan menyambut hari jadi Asahan.

"Saya baru tau inilah yang dinamakan UKW, dan Saya berharap wartawan yang berkompetensi bisa melaksanakan tugas jurnalistiknya secara profesional, begitu juga wartawan yang belum berkompetensi jangan putus asa silahkan ikut mendaftar lagi dilain waktu," ujarnya.

Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang sudah melaksanakan kegiatan UKW ini, begitu juga dengan pengurus PWI Sumut sudah membantu menyukseskan kegiatan UKW.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu untuk menyukseskan kegiatan ini," ujarnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi