Gareth Southgate Pimpin Skuad Inggris di Euro 2024

Gareth Southgate Pimpin Skuad Inggris di Euro 2024
Gareth Southgate (AP)

Analisadaily.com, Inggris - Gareth Southgate sebelumnya menegaskan dia membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan masa depannya sebagai pelatih Inggris. Namun baru-baru ini dia telah mengkonfirmasi akan bertahan setelah Piala Dunia 2022 di Qatar.

Southgate bergerak cepat untuk mengakhiri ketidakpastian seputar pekerjaannya dengan memberi tahu FA tentang niatnya untuk memimpin tim di Kejuaraan Eropa 2024.

"Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Gareth Southgate akan melanjutkan sebagai manajer Inggris, dan akan memimpin kampanye Euro 2024 kami. Gareth dan Steve Holland selalu mendapat dukungan penuh dari kami, dan perencanaan kami untuk Euro dimulai sekarang," kata FA dilansir dari Marca, Minggu (18/12).

Inggris mencapai perempat final Piala Dunia di Qatar, kalah 2-1 dari juara bertahan Perancis. Setelah itu, Southgate, yang terikat kontrak hingga Desember 2024, mengatakan dia tidak dapat menjamin dia akan menyelesaikan kesepakatan itu.

"Setiap kali saya menyelesaikan turnamen ini, saya membutuhkan waktu untuk membuat keputusan yang tepat karena secara emosional Anda mengalami begitu banyak perasaan berbeda dan energi yang dibutuhkan melalui turnamen ini sangat besar," katanya.

Dengan tidak adanya penerus Southgate yang jelas, komentarnya menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan penggantian dan memicu perdebatan tentang apakah manajer berikutnya harus orang Inggris.

FA telah jelas dalam keinginannya agar Southgate tetap bertahan setelah dia mengubah nasib tim nasional. Inggris berada dalam krisis ketika dia dipekerjakan pada tahun 2016.

Itu telah menderita kekalahan yang memalukan dari Islandia di Kejuaraan Eropa tahun itu. Sam Allardyce mengambil alih tetapi hanya bertahan satu pertandingan dan 67 hari bertugas setelah difilmkan oleh jurnalis yang menyamar yang menawarkan saran tentang cara menghindari praktik transfer pemain yang dilarang dan mencoba menguangkan pekerjaannya dengan menjadi pembicara.

Di bawah Southgate Inggris berhasil mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan kalah adu penalti dari Italia di final Euro 2020. Southgate dicemooh oleh penggemar Inggris setelah kalah 4-0 dari Hungaria pada Juni - kekalahan kandang terburuk sejak 1928.

Tapi penampilan di Piala Dunia cukup menjanjikan, bahkan jika tersingkir di perempat final adalah yang paling awal Southgate tersingkir dari turnamen besar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi