Mulai Hari Ini, 2 Ruas Tol di Sumut Difungsionalkan untuk Natal dan Tahun Baru

Mulai Hari Ini, 2 Ruas Tol di Sumut Difungsionalkan untuk Natal dan Tahun Baru
Mulai Hari Ini, 2 Ruas Tol di Sumut Difungsionalkan untuk Natal dan Tahun Baru (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) selaku pekerja tol Trans Sumatera, menjelaskan upaya untuk mendukung kelancaran mobilitas kendaaraan selama libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023).

Hamawas sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Anak Perusahan dari PT Hutama Karya (Persero) membuka fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni Ruas Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km dan Gerbang Tol Serbelawan (Dolok Merawan)-Gerbang Tol Sinaksak sepanjang 15,6 km.

Progress konstruksi pada kedua ruas tol tersebut belum sepenuhnya selesai. Rute Seksi 1 dan Seksi 2 Tebing Tinggi-Indrapura progress konstruksi sudah mencapai 96,74% dan Rute Seksi 3 dan Seksi 4, Serbelawan (Dolok Merawan)-Sinaksak progress konstruksi sudah mencapai 88,10%.

“Kondisi di kedua ruas tersebut masih terdapat beberapa titik pekerjaan konstruksi jembatan dan perkerasan jalan, kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan rambu-rambu yang tersedia” kata Dindin Solakhuddin, Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Jumat (23/12).

Mengingat kedua ruas tol tersebut masih belum selesai 100 persen, diharapkan pengguna jalan agar memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional yakni 40km/jam dan pada area pekerjaan jembatan dihimbau untuk menurunkan kecepatan menjadi 5km/jam.

Hamawas bersama dengan Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres setempat juga membentuk posko pelayanan agar dapat melayani dan memastikan keamanan pengguna jalan selama melintas.

Berdasarkan hasil Rapat Monitoring dan Evaluasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), fungsional kedua ruas tol tersebut akan dibuka H-3 hingga H+7 Nataru 2022/2023 yaitu dimulai pada Jumat, 23 Desember 2022 sampai dengan Minggu, 8 Januari 2023. Ruas tol akan dibuka satu arah dengan memperhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus kendaraan yang melintas di Jalan Nasional.

Kendaraan yang bisa melintas khusus untuk kendaraan penumpang Golongan I (non bus) dengan jam operasional pada pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Pengguna jalan dapat melewati kedua ruas jalan tol tersebut secara gratis karena belum diberlakukan tarif.

Hamawas mengimbau kepada pengguna jalan agar mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi dalam keadaan prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk serta selalu mengutamakan keselamatan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi