Petarung MMA Victoria Lee Wafat Berusia 18 Tahun

Petarung MMA Victoria Lee Wafat Berusia 18 Tahun
Petarung seni bela diri campuran (MMA), Victoria Lee, saat berlaga di ajang ONE Championship. (ONE Championship)

Analisadaily.com, Singapura - Pejuang seni bela diri campuran (MMA), Victoria Lee, telah meninggal dunia, Minggu (8/1). Atlet atomweight ONE Championship itu berusia 18 tahun.

"Pada 26 Desember 2022, keluarga kami mengalami sesuatu yang tidak boleh dialami oleh keluarga mana pun," kata saudara perempuannya, Angela Lee dalam sebuah postingan di Instagram dilansir dari Chanel News Asia dan South China Morning Post.

"Sangat sulit untuk mengatakan ini. Victoria kami telah meninggal dunia. Dia pergi terlalu cepat dan keluarga kami benar-benar hancur sejak saat itu. Kami merindukannya. Lebih dari apapun di dunia ini. Keluarga kami tidak akan pernah sama lagi. Hidup tidak akan pernah sama lagi," ujarnya.

Kematian Victoria Lee di Hawaii diumumkan secara terbuka oleh Valley of the Temples Memorial Park di Kaneohe pada hari Jumat. Penyebab kematiannya belum dipublikasikan.

Lahir di Hawaii, Victoria Lee mewakili Amerika Serikat dan Singapura sebagai anggota tim United MMA dan Evolve MMA. Ia terdaftar sebagai asisten instruktur di Evolve MMA, jaringan sasana bela diri di Singapura.

Menurut South China Morning Post, dia dijadwalkan untuk berkompetisi dalam pertarungan MMA profesional keempatnya, melawan Zeba Bano dari India, di ONE on Prime Video 6 pada 14 Januari di Bangkok.

"Tolong berikan rahmat dan rasa hormat kepada keluarga kami selama masa yang paling sulit ini," kata Angela Lee saat mengakhiri postingannya.

"Dan tolong, periksa orang yang Anda cintai. Terus periksa mereka. Beri mereka pelukan dan beri tahu mereka betapa berartinya mereka bagi Anda. Anda tidak pernah tahu," tuturnya.

Dijuluki "The Prodigy", Victoria Lee juga merupakan adik dari juara kelas ringan dan welter ONE Christian Lee. Dia melakukan debut MMA profesionalnya dengan promosi pada Februari 2021, mengalahkan Sunisa Srisen dari Thailand dengan kuncian dengan kuncian belakang telanjang tersedak di babak kedua.

Pertarungan keduanya terjadi pada bulan Juli di tahun yang sama, ketika ia kembali mencetak kemenangan submission dengan sebuah armbar melawan petenis China Wang Luping dalam waktu kurang dari empat menit.

Dalam pertarungan ketiganya untuk ONE Championship dua bulan kemudian, ia mengalahkan Victoria Souza dari Brasil dengan TKO pada ronde kedua.

Dalam postingan di Instagram dan Facebook pada hari Minggu, ONE Championship mengatakan: "Tim ONE Championship sangat terpukul atas meninggalnya Victoria Lee secara tragis. Kami mengirimkan belasungkawa kami yang paling tulus kepada keluarga dan teman-temannya pada saat yang sulit ini."

Ketua dan CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong, merefleksikan kehidupan dan kariernya dalam sebuah postingan di halaman Facebook pribadinya.

"Saya patah hati dengan meninggalnya Victoria Lee. Saya pertama kali bertemu Victoria ketika dia berusia 11 tahun. Saya menyaksikan dia berkembang selama bertahun-tahun sebagai seniman bela diri dan manusia. Saya selalu ingat berpikir betapa bijaksana, perhatian, dan tidak mementingkan diri sendiri dia melampaui tahun-tahunnya," katanya.

"Tentu saja, dia adalah ahli seni bela diri yang luar biasa bahkan saat itu, tetapi saya dapat melihat bahwa dia jauh lebih dari itu. Victoria memiliki hati emas yang paling murni dan pikiran yang cemerlang. Dia menjaga orang lain sebelum dirinya sendiri. Dia ingin menggunakan hidupnya untuk membantu dunia. Saya akan selalu mengingat Victoria karena jiwanya yang cantik dan berharga. Semoga kamu beristirahat dengan tenang, Victoria. Kami semua akan merindukanmu," ucap Sityodtong.

Sejumlah tokoh komunitas MMA pun menitipkan ucapan belasungkawa di postingan Instagram Angela Lee.

"Mengirimkan cinta kepada keluarga," kata pesaing Ultimate Fighting Championship (UFC) yang berbasis di Hawaii, Max Holloway.

"Kami berdoa untuk keluarga Anda dan orang terkasih. Belasungkawa untuk keluarga," kata pensiunan juara UFC Henry Cejudo.

"Ini tidak mungkin nyata," kata petarung ONE Championship Aung La Nsang. "Saya sangat menyesal mendengarnya, belasungkawa kepada keluarga Lee."

Perayaan kehidupan Victoria Lee telah dijadwalkan pada 22 Januari sebelum penguburannya, lapor SCMP.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi