Bina Marga PUPR Asahan Dapat DAK Rp 44 Miliar

Bina Marga PUPR Asahan Dapat DAK Rp 44 Miliar
Kantor Dinas PUPR Asahan (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Bina Marga Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asahan mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 44 miliar dari pemerintah pusat tahun 2023. DAK tersebut terbagi dua bagian yang diperuntukkan food estate atau jalan pertanian dan DAK reguler.

Kepala dinas PUTR Kabupaten Asahan, Agus Jaka Putra Ginting mengatakan, untuk membangun jalan pertanian yang ada di Kabupaten Asahan pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten menggelontorkan anggaran senilai Rp 27 miliar.

"Ada tiga kegiatan jalan pertanian yang akan dibangun yakni, jalan pertanian dari Kecamatan Rawang Panca Arga menuju Kecamatan Meranti, Rawang Panca Arga menuju Kecamatan Silo Laut dan jalan pertanian Kecamatan Teluk Dalam," ungkap Agus Jaka didampingi Kepala bidah Bina Marga Haris Rambe, Jumat (13/1).

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan food estate atau jalan pertanian, ini merupakan program dari Presiden RI Joko Widodo dan selaras dengan program Bupati Asahan, Surya dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar dalam membangun untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur

"DAK untuk food estate hanya dipergunakan membangun jalan pertanian dengan tujuan meningkatkan hasil pertanian masyarakat, dan dapat mempermudah mengangkut hasil panen tani," ujarnya.

Sedangkan DAK reguler PUPR Asahan mendapat Rp 17 miliar dari pemerintah pusat yang dipergunakan membangun infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Asahan. "Kalau DAK reguler ini bebas dipergunakan untuk jalan Kabupaten, seperti yang saat ini butuh Kecamatan Kisaran Barat, Aek Ledong dan Pulau Rakyat, dan ini bentuk keseriusan Pemkab Asahan dalam membangun infrastruktur yang merata," ujarnya

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi