Banyak Anak Meninggal Kekurangan Gizi, Brasil Darurat Kesehatan

Banyak Anak Meninggal Kekurangan Gizi, Brasil Darurat Kesehatan
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva melihat saat mengunjungi Yanomami Indigenous Health House (CASA Yanomami) di Boa Vista, negara bagian Roraima, Brasil 21 Januari 2023. (Ricardo Stuckert/Handout via Reuters/PhotoFile)

Analisadaily.com, Brasil - Kementerian Kesehatan Brasil mengumumkan keadaan darurat medis di wilayah Yanomami, cagar alam terbesar di negara itu yang berbatasan dengan Venezuela, menyusul laporan anak-anak yang meninggal karena kekurangan gizi dan penyakit lain yang disebabkan oleh penambangan emas ilegal.

Sebuah keputusan yang diterbitkan pada hari Jumat (23/1) Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang akan datang mengatakan tujuan dari deklarasi tersebut adalah untuk memulihkan layanan kesehatan kepada orang-orang Yanomami yang telah dibongkar oleh pendahulunya dari sayap kanan Jair Bolsonaro.

Dalam empat tahun kepresidenan Bolsonaro, 570 anak Yanomami meninggal dunia karena penyakit yang dapat disembuhkan, terutama malnutrisi tetapi juga malaria, diare, dan malformasi yang disebabkan oleh merkuri yang digunakan oleh penambang emas kucing liar, platform jurnalisme Amazon Sumauma melaporkan, mengutip data yang diperoleh FOIA.

Lula mengunjungi pusat kesehatan Yanomami di Boa Vista di negara bagian Roraima pada hari Sabtu menyusul publikasi foto yang menunjukkan anak-anak dan pria dan wanita lanjut usia sangat kurus sehingga tulang rusuk mereka terlihat.

"Lebih dari krisis kemanusiaan, apa yang saya lihat di Roraima adalah genosida, kejahatan terencana terhadap Yanomami, yang dilakukan oleh pemerintah yang tidak peka terhadap penderitaan," kata Lula di Twitter dilansir dari Reuters, Senin (23/1).

Pemerintah mengumumkan paket makanan yang akan diterbangkan ke reservasi tempat sekitar 26.000 Yanomami tinggal di wilayah hutan hujan dan sabana tropis seukuran Portugal.

Reservasi tersebut telah diserbu oleh penambang emas ilegal selama beberapa dekade, tetapi serangan itu berlipat ganda sejak Bolsonaro memenangkan jabatan pada 2018 dengan berjanji untuk mengizinkan penambangan di tanah yang sebelumnya dilindungi dan menawarkan untuk melegalkan penambangan kucing liar.

Ada juga tanda-tanda bahwa kejahatan terorganisir telah terlibat. Dalam insiden kekerasan baru-baru ini, orang-orang di kapal cepat di sungai telah menembak dengan senjata otomatis di desa-desa adat yang komunitasnya menentang masuknya penambang emas.

"Beberapa penambang emas mulai pergi, takut akan operasi penegakan hukum oleh pemerintah Lula, dan tampaknya melintasi perbatasan ke negara tetangga Guyana dan Suriname," kata seorang peneliti di Instituto Socioambiental, Estevao Senra, sebuah LSM yang membela hak-hak masyarakat adat.

Lula mengatakan pemerintah baru akan mengakhiri penambangan emas ilegal saat bergerak untuk menindak penggundulan hutan ilegal di Amazon, yang melonjak ke level tertinggi dalam 15 tahun di bawah pemerintahan Bolsonaro.

“Kita harus meminta pertanggungjawaban pemerintah sebelumnya karena membiarkan situasi ini menjadi lebih buruk hingga kita menemukan orang dewasa yang beratnya seperti anak-anak, dan anak-anak tinggal kulit dan tulang,” kata Sonia Guajajara, perempuan pribumi pertama yang menjadi menteri kabinet, memimpin Kementerian Urusan Pribumi yang baru.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi