Tingkatkan Perlindungan Anak, LPA MoU dengan Polda Sumut

Tingkatkan Perlindungan Anak, LPA MoU dengan Polda Sumut
LPA MoU dengan Polda Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Meningkatnya kasus anak di Sumatera Utara (Sumut), membuat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) melakuka MoU dengan Polda Sumut.

"Atas nama ketua dan pengurus LPA Sumut dan 28 LPA Kabupaten/Kota, mengucapkan terima kasih kepada Lapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan jajaran atas perhatian, khususnya terhadap perlindungan anak di Sumut," kata Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga, Kamis (2/2).

Kata dia, dengan adanya MoU ini memberikan semangat baru kepada LPA dan pegiat anak untuk lebih giat dan pro aktif dalam melindungi, mencegah, dan pemenuhan hak-hak dasar anak di Sumut, serta dapat menjunjung tinggi dan menjaga nilai-nilai dalam MoU.

Lebih lanjut disebutkan, dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti MoU, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi, penyamaan persepsi, serta gerakan LPAD se-Sumut dan 28 Kanit PPA Sumut.

Sebab, dalam MoU ada 4 poin garis besar ruang lingkup nota kesepahaman, diantaranya pertukaran data dan/atau informasi. Pencegahan dan penanganan dalam rangka perlindungan anak. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia; dan pemanfaatan sarana dan prasarana.

"Harapan kami, komitmen yang sangat tinggi Kapolda Sumut berkaitan dengan perlindungan anak harus kita contoh dan tauladani," sambungnya.

Karena, lanjutnya, melindungi anak adalah bukan lagi gerakan sosial semata, tapi melindungi anak adalah merupakan bela negara.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi