Zarnawi Tekankan ASN Jangan Pandang Bulu dalam Melayani

Zarnawi Tekankan ASN Jangan Pandang Bulu dalam Melayani
Plt Bupati Padanglawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu, saat memimpin apel gabungan Rabu (8/2) (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Padanglawas, Ahmad Zarnawi Pasaribu menegaskan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh pandang bulu dalam melayani. ASN wajib melaksanakan 3 fungsi ASN sesuai dengan amanat undang-undang.

"ASN harus kembali ke khittah (garis-red) yang telah diamanatkan di dalam UU ASN Nomor 5 tahun 2014," kata Zarnawi saat memimpin apel gabungan ASN, Rabu (8/2), di pelataran Kantor SKPD Sigalagala, Sibuhuan.

Zarnawi menjelaskan, dalam UU tentang ASN dijelaskan, ASN bertugas dan berperan untuk melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pejabat pembina kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan. ASN juga berfungsi sebagai pelayan publik.

"Oleh karena itu, ASN harus berada di garda terdepan dalam melaksanakan kebijakan pemerintah," pinta Zarnawi.

Selain itu, kata Zarnawi, ASN harus mampu melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pejabat pembina kepegawaian, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Adanya rumor yang beredar di masyarakat bahwa ada dua matahari di Padanglawas itu tidak benar, karena Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi telah menegaskan Bupati Padanglawas masih Bapak Ali Sutan Harahap, namun karena beliau sakit maka saya ditunjuk sebagai Plt. Bupati untuk menyelenggarakan roda pemerintahan dan kebijakan anggaran," tegas Zarnawi.

"Karena itu saya meminta kepada seluruh ASN untuk memedomani dan melaksanakan kebijakan pejabat pembina kepegawaian, yaitu Gubsu secara profesional, bebas dari intervensi golongan dan politik," ucap Zarnawi.

Kemudian Zarnawi melanjutkan sambutannya, selama 22 bulan ia menjabat sebaga Plt Bupati, tidak satu jabatan kepala sekolah atau yang lainnya dicopot atau ASN yang saya mutasikan.

"Kalaupun ada itu karena para ASN yang tidak patuh kepada arturan. Maka sekali lagi, saya mengingatkan agar seluruh ASN mematuhi setiap kebijakan dan aturan yang berlaku," imbuhnya.

"Tugas ini harus dicermati dan ditanamkan untuk dilaksanakan oleh setiap individu yang merasa dirinya sebagai ASN. Bekerjalah untuk melayani masyarakat dengan giat serta sungguh sungguh dan tidak pandang bulu.

Selayaknya sebagai pelayan, kata Zarnawi, jangan menyombongkan diri karena jabatan dan kedudukan yang dimiliki. Hadir untuk memenuhi kepentingan masyarakat sesuai tugas yang embannya.

"Sekali lagi saya tekankan, ASN harus menjadi lem perekat. Sikap ini harus diamalkan dimulai dari lingkungan OPD masing-masing. Tidak ada yang terpolarisasi karena perbedaan pandangan dan isu-isu yang berkembang di masyarakat yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan," tegas Zarnawi

Di akhir sambutannya, Zarnawi mengajak seluruh ASN dan masyarakat Padanglawas agar turut mendukung dua even besar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yaitu MTQ Tingkat Padanglawas di Kecamatan Sosa yang rencananya akan digelar akhir Februari dan STQH tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan dipusatkan di Sibuhuan sekitar Mei 2023.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi