Kanwil Kemenkumham Sumut Turut Sukseskan Gelaran F1 Powerboat Danau Toba

Kanwil Kemenkumham Sumut Turut Sukseskan Gelaran F1 Powerboat Danau Toba
Menteri Hukum dan HAM, Yasonnal Laoly, turut menyaksikan F1 Powerboat di Balige (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan dunia F1 H2O (F1 Powerboat) yang digelar di Danau Toba Sumatera Utara (Sumut) pada tanggal 24-26 Februari 2023.

Dalam even internasional ini, Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Sumut melalui Kantor Imigrasi se-Sumut ikut serta dalam kesuksesan pagelaran kejuaraan dunia F1H2O.

Ajang balapan F1 Powerboat World Championship atau F1H2O merupakan ajang internasional yang dapat memperkenalkan destinasi wisata Danau Toba di mata dunia, mengingat Danau Toba merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Dalam menyukseskan acara F1H2O yang diadakan di Danau Toba, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan telah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung dalam memperlancar ajang Internasional tersebut, yakni membuka Counter Priority Line bagi tamu VIP/VVIP dan menyediakan fasilitas mobile unit untuk kedatangan Kru F1H2O di Ruang VIP Bandara Kualanamu, sehingga Pembalap dan Kru F1 H20 mendapatkan pelayanan khusus keimigrasian.

Selain fasiltas tersebut, Kantor Imigrasi Medan melalui Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi juga menyediakan meja Helpdesk sebagai tempat penyediaan informasi tentang keimigrasian yang berkaitan dengan ajar internasional F1H2O. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan juga menyediakan jalur prioritas bagi wisman yang meggunakan E-VOA di Bandara Kualanamu.

Sementara itu, dalam memperlancar pagelaran ajang internasional F1H2O, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar kembali membuka pelayanan keimigrasian pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Silangit.

Pembukaan kembali pelayanan keimigrasian pada TPI Silangit untuk menyambut kedatangan Pembalap maupun Kru F1 Powerboat. Pembukaan kembali pelayanan keimigrasian pada TPI Bandara Silangit juga dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan pesawat rute internasional.

Dalam even internasional F1 Powerboat yang diadakan di Danau Toba, seluruh jajaran Keimigrasian pada Kanwil Kemenkumham Sumut ikut berperan aktif mendukung event bergengsi dunia ini. Salah satu yang dilakukan oleh Jajaran Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut adalah mendirikan stan pelayanan keimigrasian di seputaran mini Soposurung.

Stan pelayanan keimigrasian didirikan untuk mempermudah pembalap, kru F1 Poweboat maupun wisatawan mancanegara dalam mendapatkan informasi terkait keimigrasian. Selain Stan pelayanan keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Sumut melalui Divisi AHU juga mengadakan sosialisasi layanan Administrasi Hukum Umum (AHU dan layanan Kekayaan Intelektual (KI).

Dengan terselenggaranya kejuaraan dunia F1 Powerboat atau F1 H2O di Danau Toba diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan wisatawan mancanegara dan dapat memperkenalkan destinasi wisata Danau Tiba di mata dunia.

Menjadi suatu kebanggaan bagi Jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Sumut dapat mendukung kesuksesan F1H2O.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi