Jelang Ramadan, PLN Lakukan Pemeliharaan Gabungan untuk Tingkatkan Keandalan Listrik

Jelang Ramadan, PLN Lakukan Pemeliharaan Gabungan untuk Tingkatkan Keandalan Listrik
PLN Lakukan Pemeliharaan Gabungan untuk Tingkatkan Keandalan Listrik (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Bulan Ramadan yang tinggal memasuki hitungan hari, banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bersiap diri melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

Hal itu menjadi salah satu perhatian PLN untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, khususnya masyarakat muslim yang akan melaksanakan ibadah sehari-hari, terlebih ibadah pada malam hari.

Untuk memastikan pelayanan prima bagi pelanggan, PLN UP3 Lubukpakam bersama UPT Medan dan UP2D Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan pemeliharaan gabungan.

Pemeliharaan tersebut meliputi: Perampalan/Perintisan Penyulang ST03 dan SR05, Pemasangan LBS (Load Break Switch), Pemasangan Alat Pelindung Gardu (APG), Penggantian Komponen Pin insulator, Suspension dan Lightning Arrester (surja petir).

Pekerjaan ini dilaksanakan di Area Kerja ULP Tanjungmorawa pada Penyulang ST03 dan SR05 dengan menurunkan sebanyak 39 personel yang tergabung dari personel UP3 Lubukpakam, ULP Tanjungmorawa, ULP Pakam Kota, ULP Perbaungan dan ULP Sei Rampah.

Manager UP3 Lubukpakam, Deny Fitrianto, yang turut memantau pelaksanaan pemeliharaan jaringan ini, mengatakan, kegiatan ini merupakan tindakan preventif yang dilakukan PLN untuk mengingkatkan keandalan jaringan listrik.

Pelaksanaan pemelihaaran ini juga harus dilaksanakan dalam keadaan tidak bertegangan agar tetap memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) baik pagi pekerja maupun Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) bagi masyarakat umum.

“Ini merupakan bentuk persiapan pelayanan prima kami (PLN) agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah di bulan suci dengan baik dan diharapkan listrik nantinya akan lebih andal tanpa gangguan yang berarti,” kata Deny, Rabu (15/3).

Lebih lanjut, deny juga menjelaskan bahwa pekerjaan pemasangan LBS yang dilakukan hari ini bertujuan agar jaringan listrik 20 kV di daerah tersebut (Jalan Batangkuis) dapat terkoneksi dengan baik melalui sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition), sehingga apabila terjadi gangguan dapat langsung terdeteksi dan dapat dilakukan pemulihan dengan cepat.

“Pemasangan LBS akan memudahkan petugas untuk melakukan pemulihan apabila terjadi ganggguan jaringan 20 kV. Kami juga berpesan kepada para pelanggan untuk menggunakan aplikasi PLN mobile apabila terjadi gangguan ataupun ingin melakukan transaksi listrik lainnya,” tutup Deny.

Aplikasi PLN mobile merupakan aplikasi yang disediakan oleh PLN untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan Pengaduan, Pencatatan Meter Mandiri (SwaCam), bayar listrik, beli token, Pasang baru, tambah daya dan bermacam transaksi listrik lainnya, bahkan bisa melakukan pembelian motor listrik di menu marketplace. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play store maupun App store.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi