Menhub Tinjau Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Aceh-Sumut

Menhub Tinjau Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Aceh-Sumut
Menhub Tinjau Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Aceh-Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Aceh Tamiang - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi mengunjungi Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (1/4).

Kunker Menhub yang didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub bertujuan memonitoring jalur dan bangunan kereta api lintas Sumatera Utara (Sumut)-Aceh.

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah, Budiman, yang menyambut dan mendampingi kunjungan Menhub, menjelaskan, kedatangan Menhub kali ini untuk mengecek stasiun kereta api yang sudah terbangun dan mengetahui kendala-kendala lapangan yang belum terselesaikan.

Meurah sangat mengharapkan pembangunan rel kereta api segera terselesaikan untuk mendukung kelancaran distribusi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kemudahan distribusi melalui jalur darat, seperti jalan tol dan kereta api sangat penting. Sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam rangka memberantas kemiskinan ekstrem di Aceh lebih mudah dan cepat,” papar Meurah Budiman.

Usai meninjau stasiun kereta api yang berlokasi di Desa Sungai Liput, Kejuruan Muda, Menhub beserta rombongan langsung bertolak ke Aceh Utara untuk melakukan peninjauan stasiun Kereta Api Krueng Mane.

Menhub meninjau pembangunan infrastruktur rel kereta api di Stasiun Kecamatan Kutablang dan ke lokasi rel kereta api yang masih mangkrak di kawasan Paya Nie Kutablang, Bireuen.

Menhub juga melakukan uji coba Kereta Api jalur Bireuen Aceh Utara-Lhokseumawe di Stasiun Kutablang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan rombongan serta anggota Komisi V DPR RI Ruslan M Daud, kemudian naik Kereta Api Cut Meutia dari Stasiun Bungkah, Krueng Mane Aceh Utara ke stasiun Kereta Api di Paya Rangkuluh, Kutablang, Bireuen.

Kehadiran Menhub RI Budi Karya bersama pejabat lainnya disambut unsur Forkopimda Bireuen, para camat dan ratusan masyarakat.

Menhub meninjau pembangunan rel kereta api yang mangkrak di Kabupaten Bireuen.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi