Arus Balik Lebaran, Penumpang Padati Bandara Kualanamu

Arus Balik Lebaran, Penumpang Padati Bandara Kualanamu
Arus Balik Lebaran, Penumpang Padati Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Penumpang memadati Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, pada puncak arus balik lebaran 2023.

Humas PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Yuliana Balqis, yang dikonfirmasi, Rabu (26/4) membenarkan adanya lonjakan penumpang pesawat pada arus balik.

"H+3 terpantau padat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Balqis.

Kata dia, data arus balik yang baru tercatat oleh pihaknya, di H+2 lebaran untuk penumpang domestik dan internasional , baik kedatangan dan keberangkatan, mencapai 18.996 penumpang.

Sedangkan pergerakan pesawat sebanyak 143 penerbangan, baik datang dan pergi. Menurut Balqis, jika di banding tahun 2022, trennya naik.

“Sebab tahun itu masih dilanda pandemi Covid-19,” ucapnya.

Pasa tahun 2022, momen yang sama, penumpang hanya di kisaran 14.174 datang dan pergi. Sementara pergerakan pesawat 113 penerbangan datang dan pergi, baik domestik dan internasional.

Menurutnya, tren kenaikan arus balik tahun ini diperkirakan masih terus berlanjut, mengingat sejauh ini libur anak sekolah sampai 2 Mei 2023.

"Jadi arus balik masih panjang diperkirakan sampai penghujung April 2023," paparnya.

Sementara total pergerakan angkutan lebaran 2023 sejak H-10 sampai H+2, untuk penumpang datang dan pergi, domestik dan internasional sebanyak 322,213 penumpang.

Pergerakan pesawat domestik dan internasional sekitar 2,456 penerbangan datang dan pergi.

Untuk tahun 2022 penumpang pesawat hanya 219.471 orang datang dan pergi. Untuk pesawat 1.858 penerbangan.

"Jika di banding tahun sebelumnya pergerakan penumpang pesawat ada kenaikan sekitar 15 persen pada penerbangan domestik, untuk internasional 527 persen,” terangnya.

Disoal kendala pada angkutan lebaran tahu ini, menurutnya relatif minim. Hanya saja ada keterlambatan pesawat (delay) tercatat 108 kali di tahun 2023.

"Namun semua dapat diatasi dengan baik atas kerja sama stakeholder yang ada di bandara, alhasil penumpang merasa aman dan nyaman," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi