UIN Syahada: Penting Membangun Generasi Islam yang Cerdas

UIN Syahada: Penting Membangun Generasi Islam yang Cerdas
Rektor Dr Muhammad Darwis Dasopang saat mewisuda para sarjana. (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padangsidimpuan melantik 510 sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Auditorium (UIN) Syahada Padangsidimpuan di jalan Imam Bonjol Kota Padangsidimpuan, Sabtu (13/5).

Rektor UIN Syahada, Muhammad Darwis Dasopang, mengatakan penting membangun generasi Islam yang cerdas, berintegritas dan berdaya saing internasional untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Menurutnya, sebagai bangsa yang berpenduduk mayoritas Muslim, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi negara yang unggul dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi dan ekonomi.

Namun, untuk mencapai tujuan itu, haruslah dimulai dengan membangun generasi muda yang cerdas dan berintegritas. Generasi muda yang mampu menghadapi berbagai tantangan global dan bersaing di arena internasional.

"Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan perubahan dunia yang semakin kompleks dan dinamis," katanya.

Oleh karena itu, sebagai universitas yang peduli dengan pembangunan bangsa, UIN Syahada berkomitmen memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi para mahasiswa.

"Kita akan terus meningkatkan kualitas pengajaran dan fasilitas belajar untuk memastikan para mahasiswa siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif," ujarnya.

Diakuinya, pendidikan saja tidak cukup karena harus dibarengi dengan nilai-nilai integritas kepada para mahasiswa .

"Para mahasiswa yang cerdas dan berintegritas ini nantinya akan menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Mereka akan mampu berkontribusi dalam membangun negara kita menjadi lebih maju dan sejahtera. Mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang dapat memimpin bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Adapun S1 yang diwisuda berjumlah 228 dari empat fakultas masing-masing Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. S2 berjumlah 27 orang dari prodi PAI, ES, AS dan TMM.

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi