Enam Bandara AP I Siap Layani 102.696 Calon Haji

Enam Bandara AP I Siap Layani 102.696 Calon Haji
Penerbangan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com,Jakarta – Angkasa Pura (AP) I menyatakan siap melayani penerbangan angkutan udara jamaah calon haji tahun 2023. Angkasa Pura I menyiapkan enam Bandara, yakni Bandara Adi Soemarmo (Solo), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara SAMS Sepinggan (Balikpapan), Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin), dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

Pelaksanaan embarkasi Angkutan Udara Jamaah Haji tahun 2023 di Bandara Angkasa Pura I akan dimulai pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023, serta pelaksanaan debarkasi akan dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. Direncanakan sebanyak 102.696 jamaah calon haji akan dilayani pada tahun 2023, naik 119% dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 46.881 jamaah calon haji.

Berdasarkan ketetapan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Angkasa Pura I akan melayani sebanyak 269 Kloter, dengan rincian Bandara Adi Soemarmo (95 Kloter), Bandara Juanda (84 Kloter), Bandara Sultan Hasanuddin (41 Kloter), Bandara SAMS Sepinggan (20 Kloter), Bandara Syamsudin Noor (17 Kloter), dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid (12 Kloter).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menyatakan, kesiapan 6 Bandara dalam menyambut angkutan udara jamaah calon haji 2023.

"Angkasa Pura I bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan penerbangan angkutan udara jamaah calon haji di tahun ini dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur Bandara pendukung pelayanan angkutan udara jamaah calon haji selama proses embarkasi dan debarkasi," ujar Faik, Senin (22/5).

Langkah yang dilakukan Angkasa Pura I antara lain melalui penyesuaian jam operasional Bandara, penyesuaian kategori fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) sesuai dengan tipe pesawat terbesar yang digunakan, menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di asrama haji, serta memastikan kesiapan personel operasional.

Angkasa Pura I mempersiapkan sebanyak 1.690 personel operasional yang terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), airport security (Avsec), dan personel operasional yang bertugas di area sisi udara.

Dari total 1.690 personel, sebanyak 127 personel Avsec akan bertugas khusus untuk melaksanakan pemeriksaan barang bawaan dan jamaah calon haji di asrama haji. Proses pemeriksaan keamanan yang berlokasi di asrama haji tersebut ditujukan untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan jamaah calon haji.

"Pelayanan Angkutan Udara jamaah calon haji merupakan salah satu tugas utama Angkasa Pura I dalam peranannya untuk mendukung program pemerintah. Kami berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para jamaah calon jaji menuju tanah suci," pungkas Faik.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi