Masyarakat Aceh Satukan Langkah Rajut Ukhuwah Islamiyah

Masyarakat Aceh Satukan Langkah Rajut Ukhuwah Islamiyah
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, Waka Poldasu Brigjen Pol Jawari di Balai Raya Aceh Sepakat, Medan, Rabu (24/5). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aceh Sepakat Sumatera Utara menggelar Halal Bihalal Idulfitri 1444 Hijriyah di Balai Raya Aceh Sepakat, Jalan Mengkara, Medan, Rabu (24/5) dengan mengangkat tema "Satukan Langkah, Sucikan Hati, Rajut Ukhuwah Islamiyah" dengan dihadiri seribuan masyarakat

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi turut menghadiri halal bihalal ini bersama Pangdam I/BB, Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut diwakili Waka Poldasu Brigjen Pol Jawari dan pejabat lainnya.

Dari jajaran DPP Aceh Sepakat, tampak antara lain Ketua Umum H Mukhtar SH MM, Sekretaris Umum Dr H Azwir Agus SH MH, Ketua Bidang Ekonomi H Arbie Abdul Gani, Ketua Bidang Hukum H Saifuddin AW SH SE MH, Ketua Umum Dewan Musapat Ir H Sabri Basyah, Sekum Noernikmat ST MM, Ketua Umum FKMB Ir H Nasrullah Abdullah, Wakil Ketua Kaspul Adam serta pengurus lainnya.

Ketum DPP Aceh Sepakat Sumut, Mukhtar menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin serta mengajak masyarakat Aceh di Sumut untuk menyatukan langkah, menyucikan hati dan merajut ukhuwah islamiyah.

"Kata-kata bijak ini memang mudah dibaca, tapi harus diakui sulit dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, betapa pun sulit harus menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat Muhammad SAW," ujarnya.

Mukhtar menyatakan, kegiatan silaturahmi ini diikuti sekitar seribuan undangan. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memotivasi masyarakat Aceh di Sumut untuk lebih berkiprah dan kreatif baik di bidang ekonomi maupun sosial sehingga keberadaan masyarakat Aceh bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dia juga mengajak masyarakat Aceh untuk tak saling menghujat, baik sesama masyarakat Aceh dan orang lain. Menurut ajaran Islam, perbuatan ini adalah dosa.

"Masyarakat Aceh harus tetap solid dengan mengedepankan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah," ujarnya seraya mengapresiasi para donatur dan panitia atas suksesnya halal bihalal ini.

Dr Zamakhsyari Hasballah Thaib MA, dalam ceramahnya mengutarakan, masyarakat Aceh berkumpul bersama pada halal bihalal. Halal bihalal bukan sekadar duduk bersama, tapi menyucikan hati dan meluruskan hubungan silaturahmi.

Menurutnya, potensi masyarakat Aceh di Sumut cukup besar, akan tetapi hendaknya jangan dilupakan bahwa "rumah" masyarakat Aceh adalah Aceh Sepakat.

"Berbagai perbedaan kita bukan hal yang menjadi halangan," ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Armein R Jusuf mengaku berbahagia atas banyaknya koreksi maupun masukan demi terlaksananya halal bihalal. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada donatur dan panitia yang telah bekerja keras sehingga acara berlangsung sukses.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana, H Saifuddin AW, yang akrb disapa Ustaz Didin mengatakan, acara ini bukan hanya seremonial saja melainkan merajut silaturahmi di antara keluarga besar DPP Aceh Sepakat Sumut maupun etnis lainnya yang ada di Sumut.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi