Cerah Berawan Mendominasi Kondisi Cuaca Kota Besar di Indonesia

Cerah Berawan Mendominasi Kondisi Cuaca Kota Besar di Indonesia
Arsip Foto. Pemandangan gedung-gedung tinggi di Ibu Kota Jakarta saat cuaca cerah berawan. (ANTARA/ISMAR PATRIZKI)

Analisadaily.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan prakiraan cuaca kota-kota besar di Indonesia didominasi cerah berawan mulai dari pagi hingga siang.

Cuaca cerah berawan saat pagi berpotensi terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, dan Surabaya.

"Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di Banjarmasin, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Kupang, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, dan Medan," kata BMKG dilansir dari Antara, Senin (29/5).

Sementara itu, cuaca berawan berpotensi terjadi di Palembang, Padang, Manokwari, Jayapura, Ambon, Bandar Lampung, Tanjung Pinang, Tarakan, dan Semarang. BMKG memprakirakan hujan akan mengguyur wilayah Gorontalo, Pontianak, dan Samarinda.

Beranjak ke siang, cuaca kota-kota besar di Indonesia juga masih diprakirakan mayoritas cerah berawan seperti di Denpasar, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Semarang, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, dan Padang.

Adapun hujan ringan berpotensi terjadi di Palembang, Pangkal Pinang, Pontianak, Serang, dan Banda Aceh. Sedangkan, prakiraan hujan sedang hingga lebat terjadi di Gorontalo, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung.

Menurut BMKG, cuaca berawan juga diprakirakan menyelimuti Manokwari, Ternate, Ambon, Palangka Raya, Banjarmasin, Bandung, dan Bengkulu.

Ketika malam, prakiraan cuaca kota-kota besar di Indonesia mayoritas berawan dan cerah berawan. Prakiraan berawan itu ada di Manado, Kendari, Makassar, Mamuju, Manokwari, Ambon, Tanjung Pinang, Palangka Raya, Semarang, Jakarta Pusat, Bengkulu, Serang, Denpasar, dan Banda Aceh.

Sedangkan, cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Medan.

Beberapa kota besar ada yang diprakirakan hujan ringan, yaitu Gorontalo dan Bandung, serta hujan petir di Tarakan dan Bandar Lampung. Prakiraan suhu hari ini berkisar antara 20 sampai 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi