Usbat Ganjar Sumut Beberkan Manfaat Salat Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Usbat Ganjar Sumut Beberkan Manfaat Salat Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani
Usbat Ganjar Sumut Beberkan Manfaat Salat Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan dan kebermanfaatan, salah satunya mengingatkan jemaah Majelis Taklim Al-Ishlah akan pentingnya menjaga salat serta beragam manfaatnya.

Dalam kegiatan bertajuk "Pelatihan Shalat: Ibadah Jasmani dan Rohani", Koordinator Wilayah Usbat Ganjar Sumut, Syabrun Jukhoir mengatakan, salat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam.

Selain berpahala, dalam setiap gerakan salat ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Kegiatan ini dihelat di Jalan Starban, Gg. Rezeki, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (6/6).

Usbat Ganjar Sumut menghadirkan pemateri Muhammad Iqbal Irham yang dikenal sebagai dai, sekaligus trainer psikologi Islam, dan psikoterapi Islam.

"Ada beberapa gerakan-gerakan salat yang mungkin selama ini kita hanya menyepelekan seperti takbiratul ihram itu sendiri, itu ada sebuah gerakan yang coba merekahkan pernapasan guna memperlancar peredaran darah dan begitu juga nafas nafas yang kita keluarkan," ucap Syabrun di lokasi.

Menurut Syabrun, banyak hal yang bakal diperoleh seseorang bila salat dilakukan secara khusyu dan sempurna sesuai syariat, misalnya mendapatkan kesehatan fisik, maupun kebugaran secara jasmani.

Di sisi lain, manfaat salat lainnya adalah mampu menenangkan hati, pikiran, dan jiwa seorang muslim. Sebab, sejatinya ketika salat manusia tengah meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya berkomunikasi dengan Allah SWT.

"Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan gerakan-gerakan salat itu sangatlah bermanfaat dan sekaligus memperkenalkan kegiatan-kegiatan usbat yang telah dilaksanakan yaitu gerakan sebuah gerakan religius yang juga bermanfaat bagi kemaslahatan umat," ujar Syabrun.

Pada kesempatan itu, Usbat Ganjar Sumut turut menyerahkan sejumlah stimulus berupa seperangkat alat pengeras suara serta tikar anyaman untuk menunjang kegiatan-kegiatan majelis taklim maupun masyarakat sekitar.

Ketua Majelis Taklim Al-Ishlah, Suparmi (68) mengapresiasi langkah yang dilakukan Usbat Ganjar Sumut untuk mengedukasi masyarakat dalam hal kebaikan. Menurut dia, pelatihan ini dapat menggerakkan hati para jemaah supaya lebih giat lagi beribadah.

"Bagus sekali, kita dapat pengalaman salat yang sempurna dan juga berbagai manfaat nya untuk kesehatan jasmani dan rohani," kata Suparmi.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi