Waspadai Potensi Banjir di Sumatera Utara

Waspadai Potensi Banjir di Sumatera Utara
Ilustrasi - Pengemudi becak motor (betor) menembus air yang menggenang di Jalan Denai , Medan, Sumatera Utara. Hujan lebat dan buruknya sistem drainase membuat air menggenang di beberapa ruas jalan kota Medan. (FOTO ANTARA/Kiki Cahyadi/pd/pri.)

Analisadaily.com, Medan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi banjir sebagai dampak hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada hujan dengan intensitas lebat yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung dilansir dari Antara, Jumat (9/6).

Secara umum cuaca dalam dua hari ke depan pada pagi hari cerah berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Kepulauan Nias, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di Langkat, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, dan sekitarnya dan dini hari berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara rata-rata16 – 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya – Barat , 10 – 30 km/jam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi