Puting Beliung, 3 Warga Luka-luka, 39 Rumah Rusak

Puting Beliung, 3 Warga Luka-luka, 39 Rumah Rusak
Sejumlah warga merapikan barang-barang setelah rumahnya rusak diterjang angin puting beliung di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Hujan deras disertai dengan angin puting beliung merusak puluhan di sejumlah desa di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang pada Jumat (9/6), mengakibatkan puluhan rumah warga rusak.

Kepala Badan Pelaksanaan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang, Amos F Karo-karo, mengatakan pada saat itu, pukul 17.00 WIB, terjadi hujan disertai angin kencang dan puting beliung.

"Akibatnya, beberapa rumah di Desa Medan Krio, Desa Suka Maju dan Desa Sei Mencirim, mengalami kerusakan di terpa hujan dan angin kencang," kata Amos, Sabtu (10/6).

Amos menuturkan bencana alam itu, terdapat satu Kepala Keluarga mengungsi ke rumah tetangganya. Kemudian, Sekolah Swasta atau Sekolah Mengaji rusak ringan.

"Selain itu, tiga warga mengalami luka-luka, yakni Yuliana (20) status luka ringan, Alfino kurniawan (8) status luka ringan dan Siti khadijah (47) status luka berat. Para korban sudah mendapatkan perawatan medis dari klinik setempat," tuturnya.

Kata dia, BPBD Deliserdang sudah mendirikan Posko tanggap bencana angin puting beliung di lokasi bencana. Langkah dilakukan, assesment terhadap korban angin puting beliung dan meninjau lokasi terdampak angin puting beliung

"Tanggap darurat berupa Sembako kebutuhan pokok sementara telah diberikan kepada korban. Membuka posko tanggap bencana angin puting beliung," jelasnya.

Data Badan Pelaksanaan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang menunjukkan sebanyak 26 rumah warga rusak ringan, 10 rumah rusak sedang dan 3 rumah rusak berat. Rumah tersebut dihuni 41 kepala keluarga dengan total 156 jiwa

Kemudian, Desa Suka Maju, rusak ringan 5 rumah, rusak sedang 1 rumah dan rusak berat 1 rumah. Dari 7 rumah itu dihuni 9 kepala keluarga dengan total 32 jiwa. Selanjutnya, Desa Sei Mencirim rusak ringan 5 rumah, rusak sedang 1 rumah. Dari jumlah 6 rumah itu dihuni, 8 kepala keluarga dengan total 39 jiwa.

Dengan itu, total rumah mengalami kerusakan di tiga desa tersebut, sebanyak 52 unit dengan perincian 36 Rumah rusak ringan, 12 rumah rusak sedang dan 4 rumah rusak berat. Kemudian, berdampak dengan 58 Kepala Keluarga dan 227 Jiwa.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi