MK Putuskan Pemilu 2024 Terbuka, Lokot Nasution: Ini Sistem Politik Demokrasi di Indonesia

MK Putuskan Pemilu 2024 Terbuka, Lokot Nasution: Ini Sistem Politik Demokrasi di Indonesia
Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) M. Lokot Nasution (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) M. Lokot Nasution menyambut dengan senang putusan MK terkait hasil Pemilu 2024 dengan sistem terbuka. Menurutnya, putusan tersebut sangat tepat.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi akhirnya menolak permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur tentang sistem pemilihan umum (pemilu) proporsional terbuka.

Dengan putusan perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 tersebut, maka pemilu tetap memakai sistem proporsional terbuka. Keputusan itu pun disambut hangat Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, M Lokot Nasution.

"Putusan sangat tepat, karena sistem proporsional terbuka inilah yang paling baik saat ini untuk sistem politik demokrasi di negara kita," katanya, Kamis (15/6).

Dengan sistem proporsional terbuka, ada ruang konstitusi yang berjalan dan saling kontrol. "Yakni, partai politik sebagai lembaga penyedia dan pencetak politisi berkualitas, masyarakat sebagai objek yang akan diurus. Sehingga, setiap politisi memiliki dua pertanggungjawaban, kepada partai dan kepada masyarakat," ucap Lokot.

Lokot menuturkan, jika dengan tertutup, maka yang terjadi adalah pertanggungjawaban hanya kepada partai. Sehingga, hak-hak demokrasi masyarakat ada yang pincang, seperti orang berjalan dengan satu kaki.

"Supaya sempurna jalannya sistem politik demokrasi kita, maka sistem pemilu dengan proporsional terbuka yang terbaik pada saat ini. Yakni, ada ruang check and balance yang diberikan kepada masyarakat," tuturnya.

Lokot mengajak masyarakat sebagai pengguna hak pilih, untuk memberikan mandat kepada politisi yang memiliki komitmen terhadap perjuangan hajat hidup masa depan, dan mendalami rekam jejaknya.

"Jangan memilih karena transaksional, melainkan pilihlah kandidat yang diyakini dapat bekerja untuk menghadirkan kehidupan terbaik pada saat ini, dan akan datang," ujarnya.

"Imbauan kami dari Partai Demokrat, pilihlah politisi yang berjuang untuk rakyat, bukan politisi yang menggugat ke MK mengurangi hak rakyat untuk kepentingan pertahankan oligarki. Partai Demokrat tetap menghadirkan rakyatlah pemegang mandat atas wakilnya di legislatif," sambungnya.

Lokot juga menilai sistem proporsional terbuka membuat partai politik berpikir, berbuat, dan bertindak dengan pertanggungjawaban kepada masyarakat.

"Kehidupan alam demokrasi inilah yang baik, karena ada ruang check and balance yang merupakan milik rakyat," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi